Analisis Performasi Jaringan Untuk Layanan Interaktif, Studi Kasus Game-online Pada Jaringan IP

Nyak Umamah Mutia

Informasi Dasar

111098052
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Game-online merupakan salahsatu layanan interaktif yang sudah banyak digunakan oleh pengguna jaringan internet dimana game dimainkan oleh beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Jenis game-online sendiri juga beragam, mulai dari game berbasis teks biasa sampai dengan game yang memiliki grafis yang kompleks dan pengumpulan populasi di dunia virtual oleh banyak pengguna secara simultan. Semakin banyaknya pengguna yang dapat terlibat secara simultan dalam suatu game-online memunculkan masalah baru yaitu terjadinya kelambatan (lag) pada jaringan.

Pada tugas akhir diimplementasikan dan dianalisis beberapa penerapan dari skenario bandwidth management untuk mengurangi lag pada layanan game-online DOTA. Dari beberapa skenario yang diterapkan dilakukan analisis terhadap kondisi jaringan dan QoS (throughput, RTT) untuk mengetahui performasi dan kebutuhan dalam memainkan game-online Dota. Dari beberapa skenario tersebut dilihat mana yang menghasilkan QoS (throughput, RTT) terbaik untuk game-online DOTA.

Dari hasil analisis didapatkan dengan skenario management bandwidth, yang dilakukan throughput yang dihasilkan semakin bagus khususnya dengan management bandwidth pada skenario ketiga dan keempat dimana dilakukan pemisahan bandwidth untuk port DOTA dengan port selain DOTA, dimana didapatkan throughput sebesar 4000-4800 bps dan RTT 0,050000-0,060000 s dengan nilai MOS 4,49 untuk skenario ketiga dan Mos 4,39 untuk skenario keempat. Sementara pada skenario pertama dan kedua throughput yang didapat antara 600-3000 bps dan RTT 0,100000-0,450000 s, dimana user sudah merasakan lag, dengan MOS 2,47 untuk skenario pertama dan MOS 1,46 untuk skenario kedua. Sehingga management bandwidth yang cocok untuk game DOTA adalah management bandwidth dengan pemisahan port baik pada jaringan ataupun per PC user. Dan bandwidth minimum untuk game-online DOTA sebesar 3000 bps.Kata Kunci : Game-online, layanan Interaktif, Performasi, 'lag'ABSTRACT: Game-online is one of the interactive services that had been used by internet user, where the game played over some form of computer network. Online games can range from simple text based games to games incorporating complex graphics and virtual worlds populated by many players simultaneously. Many online games have associated simultaneously make an impact such as lag on the network.

In this final project is implemented and analyzed several implementation of the bandwidth management scenarios to reduce lag on game-online DOTA. From the scenario that had been implemented would be analyzed the network condition and QoS (throughput and RTT) to know the performance and the need to play game-online DOTA. From several scenarios which one that give the best QoS (throughput, RTT) result for game-online DOTA.

From the analysis, with bandwidth management we get the best throughput for the third and forth scenario. Where we make the separation between port for DOTA and the others port. From this two scenario we get throughput between 4000-4800 bps and RTT 0,050000-0,060000 s. The MOS we get from the scenario third is 4,49 and 4,39 for the fourth scenario. Meanwhile, for the first and scenario we get the throughput between 600-3000, with RTT 0,100000-0,450000 in which the user have felt lag. And MOS for the first scenario is 2,47 and MOS for the second scenario is 1,46. So, the conclusion is that bandwidth management for game-online DOTA is bandwidth management with port wheras on network or user PC. And the minimum bandwidth for online game DOTA is 3000 bps.Keyword: Game-online, interactive services, Performance, 'lag'

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Performasi Jaringan Untuk Layanan Interaktif, Studi Kasus Game-online Pada Jaringan IP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nyak Umamah Mutia
Perorangan
Indrarini Dyah Irawati, Ratna Mayasari
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini