Simulasi Wireless Mesh Network IEEE 802.11s dengan protokol Routing RA-OLSR

Albertus Prabowo Felder

Informasi Dasar

111098041
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi telekomunikasi telah berkembang dengan sangat cepat untuk memudahkan manusia dalam berbagai aspek. Wireless adalah salah satu teknologi komunikasi yang berkembang dengan cepat. Hal ini dikarenakan banyak keuntungan yang ditawarkan pada teknologi ini. Biaya merupakan salah satu alasan kenapa teknologi Wireless sangat digemari. Biaya perawatan juga murah dibandingkan jaringan kabel yang memerlukan biaya perawatan kabel yang tidak murah. Salah satu teknologi Wireless yang populer adalah IEEE 802.11s.

Untuk menentukan protokol routing yang akan digunakan pada jaringan IEEE 802.11s dibutuhkan riset sehingga dapat diketahui protokol routing mana yang menghasilkan performansi yang lebih baik. Protokol routing default yang digunakan adalah Hybrid Wireless Mesh Protocol dan RA-OLSR yang dapat digunakan secara optional. RA-OLSR adalah adaptasi dari OLSR yang merupakan protokol proaktif yang membuat keseluruhan topologi jaringan di setiap node terhubung, sehingga rute yang akan dilalui dapat segera digunakan. Berbeda dengan OLSR, RA-OLSR menggunakan Mac Address sebagai media komunikasi karena RA-OLSR bekerja pada layer 2. Simulasi akan digunakan di software ns-2.

Dari hasil simulasi didapatkan bahwa Protokol HWMP masih lebih baik dalam nilai Packet Loss dan Throughput sedangkan Protokol RA-OLSR sedikit lebih baik di Average Delay. Nilai rata-rata throughput, average delay dan Packet Loss yang dihasilkan adalah 3052,7 Kbps, 47,8 ms dan 0,175% untuk Protokol HWMP sedangkan untuk Protokol RA-OLSR adalah 2922 Kbps, 45,9 ms dan 0,65%.Kata Kunci : Wireless Mesh Network, IEEE802.11s, ns-2, HWMP, RA-OLSR.ABSTRACT: Telecommunications technology has evolved very quickly to support people in different aspects. Wireless communication technology is one of the fastest growing. This is because the many benefits offered on this technology. Cost is one reason why wireless technology is very popular. Maintenance costs are also cheaper than a wired network that requires cable maintenance costs are not cheap. One of the popular wireless technology is the IEEE 802.11s.

To determine the better routing protocol to be used in the IEEE 802.11s research is needed. The default routing protocol used is the Hybrid Wireless Mesh Protocol and RAOLSR can be optionally used. RA-OLSR is an adaptation of OLSR is a proactive protocol that makes the whole network topology at each node is connected, so the route can be immediately used. In contrast to OLSR, RA-OLSR using Mac Address as a communication medium for RA-OLSR works on layer 2. Simulation software will be used in ns-2

From the simulation results obtained that the Protocol HWMP still better in the Packet Loss and Throughput while RA-OLSR protocol slightly better in the Average Delay. The average value of throughput, average delay and packet loss generated is 3052.7 Kbps, 47.8 ms and 0.175% for the Protocol to the Protocol HWMP whereas RA-OLSR is 2922 Kbps, 45.9 ms and 0.65%.Keyword: Wireless Mesh Network, IEEE802.11s, ns-2, HWMP, RA-OLSR.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Simulasi Wireless Mesh Network IEEE 802.11s dengan protokol Routing RA-OLSR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Albertus Prabowo Felder
Perorangan
Hafidudin, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini