INTEGRASI SISTEM MONITORING ELEKTROKARDIOGRAF DAN FOTOPLETISMOGRAF BERBASIS MIKROKONTROLER

Akhmad Alfaruq

Informasi Dasar

111098040
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jantung adalah salah satu organ vital didalam tubuh manusia. Jantung berfungsi mensirkulasikan darah ke seluruh tubuh. Sehingga jantung sangat penting bagi kehidupan manusia. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendeteksi kondisi kesehatan jantung, diantaranya adalah pengamatan pada sinyal PPG dan EKG.

PPG merupakan perangkat yang digunakan untuk mengukur perubahan volume darah di dalam tubuh. Sinyal PPG ini merupakan hasil dari fluktuasi darah atau udara yang terkandung di dalamnya. Sedangkan Sinyal EKG ialah suatu bentuk sinyal fisiologis yang dihasilkan oleh aktivitas kelistrikan otot-otot jantung. Dengan melakukan pengolahan terhadap sinyal PPG dan EKG, seorang dokter dapat melakukan analisa terhadap ketidaknormalan yang terjadi pada jantung. Pada umumnya alat yang digunakan untuk menampilkan sinyal PPG dan EKG letaknya terpisah. Maka pada tugas akhir ini dibuat alat yang menampilkan sinyal PPG dan EKG secara bersamaan. Sehingga dokter akan lebih mudah dalam menganalisa gangguan pada jantung.

Untuk menangkap sinyal PPG menggunakan LED dan LDR yang kemudian sinyal hasil keluaran LDR tersebut dikuatkan dan di filter. Sedangkan untuk menangkap sinyal EKG digunakan transduser yang kemudian hasil keluarannya di kuatkan dan di filter. Setelah diperoleh sinyal PPG dan EKG, kedua sinyal tersebut dimasukan ke mikrokontroler untuk diolah dan ditampilkan pada display. Display yang digunakan berupa LCD dan program aplikasi pada PC. Pada display yang dibuat dapat menampilkan sinyal PPG dan EKG pada satu tampilan sehingga lebih mudah dalam analisa.

Hasil akhir dari pembuatan Tugas Akhir ini, telah sesuai dengan perancangan yaitu dapat menampilkan sinyal PPG dan EKG dalam satu tampilan serta bersifat portabel dan terintegrasi.Kata Kunci : PPG, EKG, LCDGrafik, mikrokontroler, jantungABSTRACT: Heart is one of the vital organs in the human body. Function of heart is circulate blood throughout the body. So, the heart is very important for human life. Many ways can be done to detect heart health conditions, such as observations on PPG and ECG signals.

PPG is used to measure blood volume changes in the body. PPG signal is the result of fluctuations in blood or air contained therein. Meanwhile, the ECG signal is a form of physiological signals generated by the electrical activity of heart muscles. By performing the processing of the PPG signal and ECG, a doctor can perform an analysis of the abnormalities that occur in heart. In general, a tool used to display the PPG and ECG signals located separately. So, on this final assignment is created a tool that displays the PPG and ECG signals on a single view. So the doctor will be easier to analyze interference with the heart.

To capture the PPG signal use LED and LDR then amplifying and filtering this output signal from LDR. Meanwhile, to capture the ECG signal using a transducer which is then the output will be amplified and filtered. After capturing PPG and ECG signals, they are fed into the microcontroller to be processed and displayed on the display. LCD and application programs on the PC used to display the signal. On display is created, it can display the PPG and ECG signals on a single view, so more easier in the analysis.

The result of this final assignment is accordance with plan. This tool can display PPG and ECG signals on single view and it is portable and integrated.Keyword: PPG, EKG, microcontroller, heart

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

INTEGRASI SISTEM MONITORING ELEKTROKARDIOGRAF DAN FOTOPLETISMOGRAF BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Akhmad Alfaruq
Perorangan
Achmad Rizal, Sarwoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini