IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PENILAIAN SUARA PERKUTUT MENGGUNAKAN SPEKTROGRAM

ENDANG PURWANTO

Informasi Dasar

111098030
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Burung perkutut merupakan burung yang memiliki suara yang sangat merdu. Memelihara burung perkutut belakangan ini telah menjadi hobi yang disukai oleh banyak orang. Salah satu tujuan dalam mengikutsertakan kontes perkutut adalah untuk menguji kualitas suara, mental, gaya dan ketahanan fisik burung. Perkutut yang berhasil memenangkan kontes biasanya memiliki nilai jual yang tinggi dan keturunannya banyak diminati oleh peternak.
Lomba perkutut belakangan ini ternyata tidak diikuti dengan pendidikan dan pengetahuan tentang seni suara perkutut yang dilombakan. Akibatnya seringkali terjadi protes dari peserta kontes terhadap keputusan dewan juri. Beberapa faktor penyebabnya adalah : kurangnya memahami seni suara perkutut yang bagus dan kurangnya pengarahan dari dewan juri yang hanya mengandalkan indera telinga semata, khususnya dalam penilaian kualitas suara.
Dalam sistem implementasi tugas akhir ini menggunakan software MATLAB R2009a. Suara perkutut divisualisasikan dalam bentuk waveform dan di digunakan algoritma STFT(Short Time Fourier Transform) untuk menampilkan spektrogram. Setelah itu dilakukan proses segmentasi yaitu pembagian spektrogram menjadi 3 bagian yaitu suara depan, tengah dan ujung, kemudian untuk ekstraksi ciri di gunakan energi rata-rata dari setiap bagian suara tersebut.
Data uji diolah dan dibandingkan dengan database uji yang sudah dinilai oleh dewan juri kemudian hasilnya akan dikenali dengan bantuan k-Nearest Neighbor (k-NN). Hasil akhir interpretasi dari sistem ini berupa nilai suara depan, tengah, ujung, irama, dasar suara, volume dan istilah JSK(Jumlah Suku Kata) suara perkutut. Tingkat akurasi pada sistem ini sebesar 76.28%.

Kata Kunci : Suara Perkutut, STFT(Short Time Fourier Transform), spektrogram, k-Nearest Neighbor (K-NN), Dewan JuriABSTRACT: Turtledove bird is a bird that has a very melodious voice. Recently, maintaining of a turtledove has become a popular hobby by many people. One of the goal the contest turtledove is test the sound quality, mental, style and physical endurance. The winner will have high selling price and his descendants will a great demand by farmers.
Contestant of the turtledove competition contest have not education and knowledge about art sound turtledove. The result is protest between Contestant about decision of the jury's often occurred. Several reasons are: lack of understanding of the good sound turtledove and lack of guides from jury because only using ear senses, especially for sound quality.
On this final assignment, implementation system used MATLAB R2009a. Turtledove sound has been visualized by waveform shape and using STFT(Short Time Fourier Transform) algorithms to display spectrogram. Segmentation is division spectrogram into 3 parts: front, middle and end sound, and for extract feature of the sound using the average energy.
Data is processed and compared with the database from jury and the result will be identified by k-Nearest Neighbor (k-NN). The final result of interpretation of this system are front, middle, end, rhythm, basic sound, volume value and terms number of syllables sound turtledove. The level of accuracy on this system is 76.28%.
Keyword: Turtledove voice, STFT (Short Time Fourier Transform), spectrogram, k-Nearest Neighbor (k-NN), Jury

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PENILAIAN SUARA PERKUTUT MENGGUNAKAN SPEKTROGRAM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENDANG PURWANTO
Perorangan
Achmad Rizal, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini