Desain dan Realisasi Sistem Monitoring Emisi Gas Buang Berbasis Mikrokontroler AVR ATMega

Ilham Ananto Yuwono

Informasi Dasar

111098015
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pencemaran udara disebabkan oleh terdapatnya zat kimia di dalam lingkungan di atas ambang batas yang ditentukan. Pada kisaran normal zat-zat kimia di udara masih baik kita hirup, akan tetapi jika melebihi ambang batas yang ditentukan udara disekitar kita akan menjadi musuh yang mematikan. Salah satu zat kimia yang banyak diudara adalah Nitrogen (N2) dan Oksigen (O2). Ambang normal zat itu akan berubah seiring dengan pertambahan penduduk, industri dan transportasi. Banyak kegiatan sehari-hari kita yang dapat menyebabkan kerusakan alam ini. Mulai dari hasil pembuangan kendaraan bermotor hingga industri besar. Berikut ini adalah berbagai macam jenis zat kimia yang dapat membuat udara tercemar: CO2, CO, NO dan NO2, SO2 dan SO3, Pb, CFC.

Dalam tugas akhir ini akan direalisasikan alat untuk memonitoring atau mendeteksi kandungan beberapa gas dalam emisi kendaraan bermotor seperti H2/ HC, CO, NO2 dan CO2 yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan dapat mencemari udara lingkungan bila melebihi ambang batas. Dalam alat ini akan menggunakan tiga buah head sensor yaitu TGS2106, TGS2104, dan TGS4161. Dari ketiga head sensor tersebut data pengukuran akan diolah oleh sebuah mikrokontroler AVR ATMega yang berfungsi sebagai slave yang diletakkan didekat bagian pembuangan asap kendaraan lalu hasilnya dikirim dengan koneksi serial ke mikrokontroler AVR ATMega yang berfungsi sebagai master untuk ditampilkan dalam sebuah LCD. LCD akan menampilkan hasil pengukuran. Dan untuk keterangan dan analisa hasil pengukuran diolah oleh aplikasi di PC dengan menggunakan koneksi USB. Sumber catuan dari ke semua alat dapat dari batu baterai maupun aki dari kendaraan bermotor itu sendiri.

Alat ini diharapkan dapat diaplikasikan di masyarakat seperti untuk monitoring emisi kendaraan pribadi sehingga tidak harus melakukan pengecekan emisi di instansi tertentu dan bisa langsung dilakukan tindakan pencegahan. Karena pencemaran udara bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tapi semua pihak diharapkan ikut berpartisipasi di dalamnya. Sehingga diharapkan dengan alat ini tiap – tiap individu dapat mengecek seberapa besar emisi yang dihasilkan oleh kendaran bermotornya.

Kata Kunci : CO2, CO, NO2, HC, USB, LCD.ABSTRACT: Air pollution caused by the presence of chemicals in the environment above the specified threshold. In the normal range of chemical substances in the air we breathe is still good, but if it exceeds a specified threshold air around us will become a deadly enemy. One of the many chemicals in the air are Nitrogen (N2) and oxygen (O2). Normal threshold of substance that will change with the growth of population, industry and transportation. Many of our daily activities that can lead to damage of this nature. Starting from the disposal of motor vehicles to large industrial. The following are various types of chemicals that can create air pollution: CO2, CO, NO and NO2, SO2 and SO3, Pb, CFCs.

In this final project will be implemented devices to monitor or detect the content of some gases in vehicle emissions such as H 2 / HC, CO, NO2 and CO2 are harmful to human health and can contaminate the environment when the air exceeds the threshold. In this tool will use three sensor head that is TGS2106, TGS2104, and TGS4161.Of the three head sensor measurement data will be processed by an AVR microcontroller that functions as a slave ATMega placed near the exhaust fumes and the results sent to the serial connection to the AVR microcontroller ATMega that serves as a master to be displayed in an LCD. LCD will display the measurement results. And for a description and analysis of measurement results processed by the application on your PC using a USB connection. Source power of the all the devices of the battery or accu of the vehicle itself.

This device is expected to be applied in the community such as for monitoring emissions of private vehicles that do not have to check emissions in certain agencies and can be done right precautions. Because air pollution is not only the responsibility of government alone but all parties are expected to participate in it. It is expected that with this device every individual can check how much the emissions produced by their vehicles.

Keyword: CO2, CO, NO2, HC, USB, LCD.

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

Desain dan Realisasi Sistem Monitoring Emisi Gas Buang Berbasis Mikrokontroler AVR ATMega
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ilham Ananto Yuwono
Perorangan
M. Ramdhani, Sony Sumaryo. Ir
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini