Analisis dan Perancangan Sistem Pengenalan dan Konversi mata Uang ASing Terhadap Rupiah Menggunakan Metode Klasifikasi Support Vector machine

Wahyu Ika Sukmawati

Informasi Dasar

111091006
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Automasi sistem yang dapat memudahkan dan membantu pekerjaan telah dipakai di segala jenis aspek kehidupan manusia. Fasilitas kenyamanan dan kemudahan inilah yang sedang dicoba dibuat sebagai salah satu fasilitas di dunia pariwisata. Indonesia yang kaya akan kebudayaan dan sumber daya alam telah menarik banyak wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia. Sistem ini dibuat untuk memudahkan para wisatawan asing tersebut menukarkan mata uang asing yang dimilikinya dengan mata uang rupiah. Dengan adanya kemudahan ini diharapkan semakin banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia sehingga dapat menambah penghasilan bagi penduduk sekitar, pendapatan daerah, dan pendapatan negara.

Sistem pengenalan uang kertas asing ini dibuat dengan berdasarkan teori pengolahan citra digital. Sistem mengambil gambar dari uang kertas yang akan dikenali, melalui proses pre-processing,ekstraksi ciri, dan klasifikasi sehingga sistem dapat mengenali asal negara dan nominal dari uang tersebut. Metode ekstraksi ciri yang digunakan adalah GLCM dan PCA, sedangkan metode klasifikasi yang digunakan adalah metode SVM. Setelah itu sistem akan mengambil kurs asing dari webpage Bank Indonesia melalui sambungan internet. Perancangan sistem ini menggunakan perangkat lunak MATLAB R2011b. Pada penelitian ini hanya dibuat aplikasi saja dan tidak sampai dibuat perangkat kerasnya.

Performansi sistem terbaik yang didapatkan untuk mengenali negara dan nominal pada sistem ini didapatkan sebesar 96% pada 100 data uji dan 20 data latih secara offline menggunakan metode ekstraksi ciri PCA dengan 20 PC dan metode klasifikasi SVM OAO dengan nilai C=5 dan jenis kernel linear. Sedangkan pada saat online atau realtime, akurasi terbaik yang didapat adalah 77,61% dengan 200 data uji dan 20 data latih pada tempat dengan intensitas cahaya yang cukup. Performansi ini adalah nilai akurasi sistem dalam mengenali uang. Dengan ini, maka dapat disimpulkan sistem pengenalan uang asing menggunakan metode klasifikasi SVM dapat bekerja dengan baik.

Kata Kunci : uang asing, Support Vector Machhine, kurs, rupiahABSTRACT: Automation system that can facilitate and assist the work has been used in all kinds of aspects of human life. These ease and convenience which is being attempted by making this system as one of the facilities in tourism field. Indonesia is rich in culture and natural resources has attracted many foreign tourists to come to Indonesia. The system was created to make it easier for foreign travelers to exchange their foreign currency to rupiah currency. With this ease, it is expected that a growing number of foreign tourists coming to Indonesia could increase the income of the local people, local revenues and state revenues.

The system is made using digital image processing theory. System would capture the picture of the money then system will recognize the money by pre-processing, feature extraction, and classification processes so that the system could identify the nominal and the nation. The system use GLCM dan PCA as feature extraction and SVM as classification method. System would download kurs from Bank Indonesia webpage by internet connection. The design of system is created in MATLAB R2011b. This research creates the applications only, as a brain of the system.

The performance of system is measured by the accuracy. The best accuracy from the system is 96% from 100 testing data and 20 training data when using PCA feature extraction methode with 20 PC and SVM OAO classification method with C=5 and kernel linear at offline condition. In online or realtime condition, the best accuracy achieved is 77,61% in the place with adequate light intensity with 200 test data and 20 training data. This means that the identification of foreign money system using SVM classification methode, could work well.

Keyword: foreign currency, Support Vector Machine, currency, rupiah

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Analisis dan Perancangan Sistem Pengenalan dan Konversi mata Uang ASing Terhadap Rupiah Menggunakan Metode Klasifikasi Support Vector machine
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Wahyu Ika Sukmawati
Perorangan
Bambang Hidayat, Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini