Monitoring dan Optimalisasi Bandwidth dengan Multi Internet Service Provider pada Router Mikrotik (Studi Kasus : Kantor PPPGL Bandung)

GENTA YUKI BIMANTORO

Informasi Dasar

111090234
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan jaringan informasi membawa dampak positif bagi seluruh kalangan khususnya dalam mempermudah dan mempercepat penggunaan didalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. PPPGL adalah salah satu perusahaan yang sudah menggunakan jaringan informasi akan tetapi sarana ini masih belum mencapai hasil yang diinginkan bersama.

Dalam Tugas Akhir ini penulis akan melakukan implementasi sistem meliputi penambahan fitur dari jaringan yang sudah ada, diantaranya Monitoring jaringan, Monitoring Bandwidth, Persisten Load Balancing, dan Failover dengan menggunakan VRRP. Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan percobaan dengan melakukan komunikasi VoIP dan menghitung QoS yang sesuai standar.

Dari implementasi sistem ini, dihasilkan hasil yang sangat memuaskan, diantaranya sistem dapat memberitahukan jika terjadinya link failure, kemudian dapat menentukan optimalisasi bandwidth dari tiap-tiap ISP yang digunakan, untuk ISP ICON+ didapat nilai optimalnya 5.63 Mb sedangkan ISP ComNET 10,41Mb. Selain itu dengan menerapkan VoIP pada implementasi sistem, dihasilkan QoS yang sangat baik sesuai dengan standar yang berlaku untuk komunikasi VoIP.Kata Kunci : mail server, load balancing, failover, mikrotik, winbox, QoS, VRRPABSTRACT: The development of information networks have a positive impact for all parties especially in facilitating and accelerating the use in getting the information needed . PPPGL is one company that has been using the network information but this means still not achieve the desired results. In this final project will implement the features of the system include the addition of an existing network, including network Monitoring , Bandwidth Monitoring , Persistent Load Balancing and Failover using VRRP . In this final project will be carried out the experiment with VoIP communication and calculate the appropriate QoS standards .

In the implementation of this system , produced very satisfactory results , such as the system can tell if the link failure , and then to determine the optimization of the bandwidth of each ISP is used , for ICON + ISP obtained optimal value 5.63 Mb while the ISP Comnet 10.41 Mb . In addition to implementing VoIP on the implementation of the system , produced an excellent QoS in accordance with applicable standards for VoIP communications .Keyword: mail server, load balancing, failover, mikrotik, winbox, QoS, VRRP

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Monitoring dan Optimalisasi Bandwidth dengan Multi Internet Service Provider pada Router Mikrotik (Studi Kasus : Kantor PPPGL Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GENTA YUKI BIMANTORO
Perorangan
Rendy Munadi, Sunarto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini