Analisis Pengaruh Panjang Cyclic Prefix Standar WiMAX IEEE 802.16e pada Kanal Multipath

ANDI ABDUL AZIS

Informasi Dasar

111090229
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kata Kunci : ABSTRACT: Mobile WiMAX adalah standar IEEE 8012.16e yang memungkinkan system WiMAX diterapkan pada aplikasi portable dan mobile maupun fixed dan nomadic. Pada mobile WiMAX diperkenalkan teknologi OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Multiple Access) yang merupakan teknik transmisi multicarrier pengembangan dari OFDM sebagai multiple accces disisi downlink. OFDM dapat mengatasi efek dari multipath fading. Multipath fading dapat menyebabkan Intersymbol Interference (ISI). Untuk mengatasi masalah ini, ditambahkan guard interval (cyclic prefix) sebelum sinyal dikirimkan.

Pada tugas akhir ini, disimulasikan pengaruh panjang cyclic prefix mobile WiMAX pada kanal multipath. Pemodelan kanal multipath fading yang digunakan adalah kanal ITU-R M.1225. Terdapat 2 skenario pada tugas akhir ini. Pertama, disimulasikan setiap jenis WIMAX cyclic prefix pada kanal ITU kondisi vehicular dan pedestrian . Kedua, disimulasikan juga modifikasi WIMAX cyclic prefix pada kanal ITU kondisi vehicular dan pedestrian. Parameter yang digunakan untuk melihat performansi sistem adalah BER dan Eb/No yang dihasilkan dari simulasi Matlab.

Hasil simulasi menunjukkan bahwa performansi terbaik dapat diperoleh dengan menggunakan cyclic prefix ¼. Hasil menunjukkan BER target 10 -3 pada kondisi kanal ITU pedestrian dan vehicular dapat dicapai ketika nilai Eb/No 10.73 dB dan 14.4 dB untuk modulasi QPSK dan sebesar 18.12 dB dan 21.64 dB untuk modulasi 16QAM. Perbaikan nilai Eb/No untuk BER target 10 -3 dapat diperoleh dengan menggunakan durasi cyclic prefix yang lebih panjang, misalnya pada modified long cyclic prefix. Penggunaan modified long cyclic prefix (1/2) untuk kondisi pedestrian menunjukkan nilai Eb/No lebih baik dibandingkan cyclic prefix ¼. Terdapat perbedaan nilai Eb/No sebesar 8.513 dB untuk target BER yang samaKeyword: mobileWiMAX,OFDM,OFDMA,cyclicprefix,ISI,BER,Eb/No.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Pengaruh Panjang Cyclic Prefix Standar WiMAX IEEE 802.16e pada Kanal Multipath
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI ABDUL AZIS
Perorangan
Nachwan Mufti, Tody Ariefianto Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini