Deteksi Tingkat Keamanan Berbasis Intensitas Suara (dB) Terhadap Telinga Manusia Menggunakan Aplikasi Android

Aditya Dwiputranto Prakoso

Informasi Dasar

111090204
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Setiap orang sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang bernama earphone. Semenjak sebuah alat music player tak lagi membutuhkan space besar (seperti layaknya tape recorder) dan juga tidak lagi membutuhkan sebuah catuan listrik dari PLN, maka earphone ini pun menjadi incaran banyak para penggila musik di dunia. Namun, tanpa disadari ada sebuah efek buruk untuk kesehatan telinga, yang dibawa oleh sebuah earphone ini ketika digunakan untuk mendengar sebuah musik, bila melewati batas-batas standar yang telah ditetapkan oleh dunia medis. Walau telah ditetapkan oleh dunia medis, hal ini tetap saja kurang dihiraukan oleh para pengguna earphone. Hal ini mengakibatkan setelah menggunakan earphone ini dengan cara yang salah, tak jarang dari mereka mengalami sebuah masalah kesehatan pada telinganya, dan bahkan dapat kehilangan pendengarannya bila kesalahan ini dilakukan secara terus menerus. Oleh karena itu, diperlukan sebuah teknik untuk dapat menangani masalah tersebut. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan membatasi waktu untuk memainkan musik dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh dunia kodekteran sebelumnya. Pada Tugas Akhir ini, digunakan sebuah cara untuk membatasi waktu dengan mendeteksi setiap sinyal suara yang dihasilkan oleh musik yang dimainkan dengan metode FFT. Dengan mengubah dari domain waktu ke domain frekuensi, maka dapat dilakukan pembacaan setiap level sinyal suara yang masuk dalam satuan dB.
Dalam Tugas Akhir ini, telah dirancang pengolahan sinyal suara dengan ditanamkan ke dalam sebuah aplikasi yang ber-platform Android. Sehingga pengguna perangkat Android, dapat langsung menggunakan aplikasi ini setelah meng-instal ke dalamnya. Dengan menampilkan sebuah keterangan lama sisa waktu untuk mendengarnya, maka akan mempermudah pengguna untuk memantau lama waktu untuk mendengarkan musik.
Dari hasil penelitian dan pengujian, aplikasi ini memiliki tingkat akurasi deteksi terhadap level suara yang dihasilkan sebesar 93 %, bila dibandingkan dengan referensi penelitian yang lain. Sementara, untuk menentukan batas waktu meksimum mendengarkan, aplikasi ini memiliki tingkat akurasi 100%. Adapun bila melihat dari pengujian langsung terhadap koresponden, maka aplikasi ini mendapatkan nilai 4.09 dari 5 poin.
Kata Kunci : earphone, desibel, FFT, AndroidABSTRACT: Everyone is already familiar with a device called the earphones . Since a tool music player no longer need a large space ( like a tape recorder ) and also no longer requires a ration of electricity , then this earphone becomes the target of many music enthusiasts in the world . However , without realizing there is a bad effect on the health of the ear , which is carried by an earphone when used to hear a piece of music , when it passed the limits of the standards set by the medical world . Although established by the medical world , it is still less ignored by the users earphones . This resulted after using these earphones in the wrong way , no less than they had a health problem in the ear . And even worse , the users earphones can cause permanent hearing loss , if the mistake is done continuously. Therefore , we need a technique to be able to handle such problems . One way to handle this is to limit the time to play the music with the deadline set by the previous medical world . In this final assignment, used a way to limit the time to detect any sound signal generated by the music being played by the FFT method . By changing from the time domain to the frequency domain , it can be done readings every level of incoming sound signals in units of dB.
In this final assignment has been designed with a sound signal processing embedded into an application to platform Android . So users of Android devices can directly use this application after installing into it . By displaying a long description of the rest of the time to hear it , it will be easier for the user to monitor the length of time to listen music.
From the results of research and testing, this application has an accuracy rate of detection of the sound levels produced by 93%, when compared to other research references. Meanwhile, in order to determine the maximum time limit listening, this application has a 100% accuracy rate. But when seen from the test directly to the correspondent, then this application to get the value of 4.09 of 5 points
Keyword: earphone, decibel, FFT, Android

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Deteksi Tingkat Keamanan Berbasis Intensitas Suara (dB) Terhadap Telinga Manusia Menggunakan Aplikasi Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aditya Dwiputranto Prakoso
Perorangan
Mas Sarwoko Suraatmadja, Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini