DESAIN DAN IMPLEMENTASI ENKRIPSI SINYAL AUDIO MENGGUNAKAN BAKER MAP

QOURY FEBRIANA

Informasi Dasar

111088090
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kerahasiaan data sudah menjadi suatu bahan penelitian yang banyak dikembangkan dalam proses pengiriman informasi. Data audio digital yang tidak terkompresi umumnya mempunyai ukuran yang relatif besar. Oleh karena itu, dibutuhkan metoda yang sesuai agar proses enkripsi cepat namun kerahasiaannya pun tetap terjamin dan tingkat ketahanan yang baik terhadap serangan dari pihak luar.

Tugas akhir adalah melakukan enkripsi pada sinyal audio dengan menggunakan metoda Baker Map, yaitu dengan cara mengacak organisasi matrik aslinya. Enkripsi pada Baker Map ini secara aslinya digunakan untuk enkripsi citra yang telah diketahui kehandalannya. Dari hasil perhitungan brute force attact dengan menggunakan matrik file audio (yang diresize ke 256x256) untuk proses cracker-nya dibutuhkan waktu 1,66 x1055 tahun maka dapat dinyatakan enkripsi dengan algoritma Baker Map ini aman.

Sedangkan dari percobaan untuk mengukur waktu komputasi, untuk ukuran matrik MxM (M= 256,512, atau 1024), enkripsi dengan metoda Baker Map menggunakan variasi kunci acak masing-masing membutuhkan waktu 1.04 detik, 23.19 detik dan 185.81 detik. Proses enkripsi dan dekripsi dengan menggunakan variasi kunci acak memiliki waktu proses 6.67% lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan variasi kunci konstan. Enkripsi klasik DES dengan ukuran file yang sama memiliki waktu komputasi masing-masing sebesar 3.39 detik, 205.98 detik dan 3290.48 detik.Kata Kunci : Metoda Baker Map,Sinyal Audio, Brute Force Attact, Kriptografi.ABSTRACT: Data confidentiality has been researched in depth in various resources as a method in securing information during transmission. Uncompress audio data normally has a relatively big data size. This condition makes data encryption for audio need to be special.

In this research we use Baker Map algorithm to encrypt audio signal. Baker map is originally popular in image encryption due to its realibility. Brute force attack computation as calculated gave 1.66 x 1055 year to crack the code, hence it is safe enough to call it secure.

In term of computation time, Baker Map on audio gave computation time of 1.049, 23.10 and 185.81 seconds for audio matrix size of 256, 512 and 1024 respectively. As additional information, encryption using random key produce computation time 6,67% faster than computation using constant key. In contrary, DES algorithm produce computation time of 3.39, 205.98, 3290.48 seconds for similar matrix size.Keyword: Brute Force Attact, Baker Map method, audio digital, DES method.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI ENKRIPSI SINYAL AUDIO MENGGUNAKAN BAKER MAP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

QOURY FEBRIANA
Perorangan
Koredianto Usman, Linda Meylani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini