Digital Audio Watermarking Dengan Algoritma Wavelet Transform dan Complex Cepstrum Transform<br>Digital Audio Watermarking Using Wavelet Transform and Complex Cepstrum Transform

Evelyn Octari

Informasi Dasar

111088081
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada Tugas Akhir ini penulis membuat sebuah system audio watermarking dengan judul “Digital Audio Watermarking dengan Algoritma Wavelet Transform dan Complex Cepstrum Transform”. Audio watermarking merupakan suatu cara untuk memberikan perlindungan terhadap file audio dan dilakukan dengan cara menyisipkan data yang diinginkan, dan pada tugas akhir ini data yang disisipkan adalah image biner.

Sistem watermarking ini menggunakan analisa cepstral complex, Analisa cepstral kompleks adalah pemetaan homomorphic dan merupakan metoda ekstraksi paling efektif dalam identifikasi audio. Pada metoda ini, suatu urutan pseudo-random digunakan untuk memberi watermarking pada sinyal audio. Watermark ini kemudian dirubah ke dalam domain cepstrum distribusi koefisien cepstral dan karakteristik frekuensi masking dari HAS.

P engujian dilakukan dengan dua cara yaitu secara objektif dan secara subjektif. Pengujian secara objektif dengan menggunakan Signal to Noise Ratio (SNR), Mean Square Error (MSE) dan Normalized Correlation (NC) serta secara subjektif dengan menggunakan Mean Opinion Score (MOS). Dengan SNR yang dihasilkan mencapai 55,4821 dB, nilai MSE yang dihasilkan mencapai 9,45x10-8. Sedangkan untuk penilaian secara subjektif mencapai rata-rata 4,65 atau dapat dikatakan excellent. Pada system ini juga diberikan serangan untuk menunjukkan kualitas dari audio watermarking yang di buat, yaitu dengan penambahan sinyal AWGN.Kata Kunci : watermarking, wavelet transform dan cepstrum transform.ABSTRACT: In this Final Project created a Digital watermarking audio system with the title “Didital Audio Watermarking with Wavelet Transform Algorithm and Complex Cepstrum Transform”. Audio Digital watermarking is a way to provide protection for audio files and is done by inserting the desired data, and the final task of this data is a binary image.

The system of Watermarking use the complex cepstral analysis. The complex cepstral analysis is a homomorphic mapping and is the most effective extractionmethod in audio identification. In this method, a pseudo-random sequence was used to watermark the audio signal. The watermark is then weighted in the cepstrum domain according to the distribution of cepstral coefficients and the frequency masking characteristics of HAS.

Two kinds of tests done to prove the capability of this Digital Watermarking, which is an objective test using Signal to Noise ratio (SNR), Mean Square Error (MSE) and Normalized Correlation (NC) and subjectively by using the Mean Opinion Score (MOS). With the resulting SNR achieved 55,4821 dB and the resulting MSE achieved 9,45x10-8. Whereas for the subjective assessment of the average reached 4,65, or can say excellent. In this system also provided the attacks to demonstrate the quality of the audio Digital watermarking is made, the attack is additive white Gauss noise (AWGN).Keyword: watermarking, wavelet transform dan cepstrum transform.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Digital Audio Watermarking Dengan Algoritma Wavelet Transform dan Complex Cepstrum Transform
Digital Audio Watermarking Using Wavelet Transform and Complex Cepstrum Transform
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Evelyn Octari
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini