Pemodelan Wajah 3D Melalui Pendeteksian Fitur Wajah 2D Menggunakan Teknik Morphing<br>3D MODELS OF FACIAL FEATURES WITH THE DETECTION OF 2D FACES USING MORPHING TECHNIQUES

Ira Herawati Sada

Informasi Dasar

111088071
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Face recognition atau pengenalan wajah adalah salah satu teknologi biometrik yang telah banyak diaplikasikan dalam sistem security selain pengenalan retina mata, pengenalan sidik jari dan iris mata. Dalam aplikasinya sendiri pengenalan wajah menggunakan sebuah kamera untuk menangkap wajah seseorang kemudian dibandingkan dengan wajah yang sebelumnya telah disimpan di dalam database tertentu.

Pada saat ini penggunaan grafika komputer memiliki peranan yang besar terutama pada grafik 3D. Yang dimaksud obyek 3D adalah setiap titik yang membentuk obyek akan diproses memiliki 3 sumbu koordinat. Pada tugas akhir ini telah dibuat model wajah 3D melalui pembacaan model yang dihasilkan oleh software stlread, kemudian dilakukan pemilihan vertex dan face untuk membentuk model baru (wajah). Setelah itu pendeteksian lokasi fitur wajah dilakukan dengan menyesuaikan letak titik – titik fitur wajah terhadap wajah input, kemudian melakukan proses sampling warna dan pembacaan hasil sampling warna sehingga diperoleh model 3D yang sesuai input.

Dalam tugas akhir ini, telah dilakukan survey MOS terhadap 30 responden dengan dua kategori yaitu pergeseran dan penskalaan terhadap dua sumbu koordinat yaitu x dan y serta ukuran dimensi yang berbeda -beda dari lima jenis citra input. Citra input pria dan wanita yang masing – masing mewakili dua citra untuk pria dan tiga citra untuk wanita. Hasil MOS menunjukkan nilai rata – rata kualitas pemodelan yang dihasilkan untuk ukuran dimensi 400 x 400 pixel adalah baik dan 233 x 368 pixel bernilai cukup dengan tingkat akurasi berdasarkan hasil MOS dari 30 responden adalah 82.1% untuk 400 x 400 pixel dan 63.5% untuk 233 x 368 pixel.

Kata Kunci : objek 2D, objek 3D, sampling warna, vertex, faceABSTRACT: Face recognition is a biometric technology which have a lot of application in system security besides of retina, fingerprint recognition and slice eye. In the application of face recognition use a camera to catch a face and then compared to face previously have been kept in certain database.

Today, a grafika computer using a big role especially 3D graph. 3D object is a dot forming obyek will be processed to own 3 axis of coordinates. this final project have been made a face 3D models by software stlread,and then election vertex and face to forming a new models. Afterwards the location fitur face detection accomodatedly is arrest point - dot fitur face to input face, then do a read and colour sampling process that obtained of 3D models.

In this final project have been done by MOS to 30 responder with two category that is scale and friction to two axis of coordinates that is x and y and also the size measure different dimension to type the different input. woman and man Input image which deputize two image for the man and three image for the woman. With result of dimension 400 x 400 pixel is good and 233 x 368 pixel is enough. . Result MOS from 30 responder is 82.1% to 400 x 400 pixel and 63.5% to 233 x 368 pixel.

Keyword: 2D Object, 3D Object, color sampling, vertex, face

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Pemodelan Wajah 3D Melalui Pendeteksian Fitur Wajah 2D Menggunakan Teknik Morphing
3D MODELS OF FACIAL FEATURES WITH THE DETECTION OF 2D FACES USING MORPHING TECHNIQUES
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ira Herawati Sada
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini