RANCANG BANGUN PENGUAT BERDERAU RENDAH BERBASIS MIKROSTRIP DENGAN NOISE FIGURE ≤ 2 dB WILAYAH 1800 ± 100 MHz

Aldibangun Pidekso Putro

Informasi Dasar

111088029
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Keberadaan sebuah amplifier pada perangkat receiver merupakan hal yang sangat penting, karena berfungsi sebagai penguat daya, agar daya yang dibutuhkan penerima optimal. Akan tetapi sebuah penguat tidak hanya menguatkan sinyal informasi saja, tetapi juga noise (derau) dari sumber dan noise yang ditimbulkan oleh penguat itu sendiri. Oleh karena itu diperlukan desain penguat dengan penguatan daya maksimum dan derau minimum.

Dalam desain penguat sederhana, penguatan daya maksimum dan derau minimum pada umumnya tidak dapat dicapai secara bersamaan. Sehingga dibuatlah Penguat Berderau Rendah (LNA) yang merupakan penguat daya dengan gain yang memadai dan memiliki derau yang rendah, sampai pada batas yang dapat diterima.

Pada tugas akhir ini telah dirancang dan direalisasikan sebuah prototipe Penguat Berderau Rendah (LNA) pada wilayah 1667,84-1900,00 MHz dengan penguatan di atas 5 dB, bandwidth 232,16 MHz, VSWR≤1,5, dan di frekuensi tengah (1800 Mhz) mempunyai penguatan 8.34 dB serta Noise Figure 1.5 dB. LNA ini merupakan penguat stabil (satu tingkat) yang dirancang dengan menggunakan transistor yang tidak stabil (stabil bersyarat), yaitu transistor BFR 91-A. Untuk komponen pasifnya, (Resistor dan Kapasitor) akan direalisasikan dengan komponen diskrit, sedangkan Induktor sebagai penyepadan, akan direalisasikan dengan menggunakan saluran mikrostrip untuk mempermudah perealisasian serta digunakan epoxy FR4 sebagai substratnya.

Kata Kunci : mikrostrip, noise figure, penguatan, substratABSTRACT: The presence of an amplifier at the receiver device is very important, because it serves as a power amplifier so that the power required optimal receiver. But an amplifier not only amplify the information signals, but also noise from the source and noise generated by the amplifier itself. Therefore we need amplifier design with maximum gain and minimum noise.

In a simple amplifier design, minimum noise and maximum power can not be achieved simultaneously. So that made Low Noise Amplifier (LNA) which is a power amplifier with sufficient gain and a low noise, to the acceptable limits.

In this final project has been designed and realized a LNA prototype from 1667,84-1900,00 MHz with gain above 5 dB, bandwidth of 232.16 MHz, VSWR ≤ 1.5, and at the center frequency ( 1800 MHz) has 8.34 dB gain and 1.5 dB Noise Figure. LNA is an stable amplifier (one level) that designed using a transistor that is not stable (conditionally stable), BFR-91-A transistor. For passive components (resistors and capacitors) will be realized with discrete components, while the inductor as matching, will be realized by using microstrip line to facilitate the realization and also used as a substrate FR4 epoxy.

Keyword: microstrip, noise figure, gain, substrat

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

RANCANG BANGUN PENGUAT BERDERAU RENDAH BERBASIS MIKROSTRIP DENGAN NOISE FIGURE ≤ 2 dB WILAYAH 1800 ± 100 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aldibangun Pidekso Putro
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini