Simulasi Antena Mikrostrip Beamforming Berdasarkan Kombinasi Switch Gangguan Menggunakan High Frequency Structure Simulator (HFSS)

Dwi Andi Nurmantris

Informasi Dasar

111088012
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena merupakan perangkat yang sangat penting dalam dunia telekomunikasi wireless. Pada era modern saat ini, tidak hanya antenna dengan spesifikasi teknik yang bagus yang dibutuhkan tetapi antenna cerdas yang dapat diatur pola radiasinya (beam forming) sangat dibutuhkan dan sangat potensial untuk dikembangkan dan diteliti. Antena ini sangat penting karena dapat meningkatkan kapasitas system dan meningkatkan bitrate transmisi.
Saat ini telah banyak beredar software-software simulasi perangkat-perangkat medan elektromagnetik yang dapat membantu para engineer telekomunikasi untuk mendesain dan menganalisa berbagai perangkat medan elektromagnet termasuk antenna. Salah satunya adalah HFSS (High Frequency Structure Simulator) yang memiliki tingkat ketelitian yang tinggi. Tetapi untuk mendesain dan menganalisa suatu antena dengan benar bukanlah hal yang mudah. Diperlukan teknik dan kemampuan yang baik dalam menguasai software aplikasi ini agar hasil yang didapatkan memiliki tingkat validasi yang tinggi pula.
Dalam tugas akhir ini, telah dilakukan eksperiment dan simulasi beberapa bentuk antenna mikrostrip dengan memvariasikan posisi-posisi dan kombinasi switch pengganggu menggunakan High Frequency Structure Simulator (HFSS) dimana hasil simulasi bisa memberikan rekomendasi dalam pemilihan antenna yang bisa dimanfaatkan untuk membuat system antenna beamforming.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa kombinasi switch gangguan pada jenis antenna fractal sangat potensial untuk digunakan sebagai antenna beamforming. Salah satu hasil simulasi menunjukkan bahwa antenna patch fractal persegi dengan switch gangguan dengan ukuran lebar patch 6,72 cm, dan lebar celah antara persegi primer dengan persegi sekunder (cutting) 0,2 cm dapat bekerja pada dua state pada frequency 2,4 Ghz dan batas VSWR kurang dari 2. dimana tiap state menghasilkan pola radiasi bidirectional.
Pengamatan serta analisa pada eksperiment dan simulasi antenna mikrostrip pada tugas akhir ini lebih ditekankan pada parameter pola radiasi antenna dan VSWR
Kata Kunci : HFSS, Antena Mikrostrip, Kombinasi Switch gangguan, Pola Radiasi dan VSWRABSTRACT: Antenna is very important device in wireless telecommunication world. In this modern era, not only acceptable parameters of antennas that we need, but also smart antenna that have reconfigurable beam capability. This type of antenna is potential candidate to be developed and researched.
Todays, many electromagnetic devices simulator had been released in public that can help the telecommunication engineer for designing and analizing electromagnetic devices include antennas. One of them is HFSS (High Frequency Structure Simulator) that has the high level accuration. Designing and analyzing antenna devices using HFSS is not easy and simple, technique and capability using this aplication software is very important to gain the high level of validation result.
A few of microstrip patch antennas with reconfigurable disturbance switch had been simulated using High Frequency Structure Simulator (HFSS) and reported in this final assignment. Simulation result give recommendation for choosing the type of patch antennas to become beamforming antennas.
The simulation result shows that combination of disturbance switchs on Fractal shape patch antenna give potential candidate to become beamforming antenna. One of the simulation result shows that fractal square patch antenna with reconfigurable disturbance switch which has width dimention of patch 6,72 cm, and width of gap between primary square and secondary square (cutting) 0,2 cm could work at two states at frequency 2,4 Ghz and limit of VSWR is less than 2, where each state gave the result bidirectional of radiation pattern.
The analyzing of this experiment and simulation of microstrip antenna is focused on radiation pattern and VSWR.
Keyword: HFSS, Mikrostrip Antennas, Disturbance switch combination, Radiation Pattern and VSWR

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Simulasi Antena Mikrostrip Beamforming Berdasarkan Kombinasi Switch Gangguan Menggunakan High Frequency Structure Simulator (HFSS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi Andi Nurmantris
Perorangan
Bambang Sumajudin, Suprayogi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini