Konversi Gambar Teks Ke Teks Berdasarkan Hasil Pengambilan Citra Digital Berbasis Android

Gesha Ardyansyah

Informasi Dasar

111081033
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan smart phone sekarang sedang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Hal tersebut Karena sekarang sudah banyak smart phone dengan kecangihan masing-masing dan salah satunya adalah smart phone berbasis android. Salah satu kecangihan smart phone ini adalah sistem operasi yang opensource sehingga dimanfaatkan oleh programmer untuk membuat aplikasi mereka sendiri yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan salah satu aplikasi yang bisa untuk dikembangkan pada smartphone android ini adalah OCR (Optical Character Recognition) pada platform android.
Seperti yang sudah diketahui OCR adalah teknologi yang mampu merubah file gambar yang berupa dokumen teks menjadi file yang berbentuk teks sehingga bisa dilakukan editing pada file tersebut. Pada tugas akhir ini aplikasi OCR yang dibuat berbasis android sehingga konversi citra ke teks akan lebih cepat, efisien dan lebiih flexible karena diimplementasikan pada platform android.
Pada tugas akhir ini dibuat aplikasi yang memanfaatkan teknologi OCR dengan menggunakan Tesseract Engine sebagai deteksi dan konversi teks. Setelah aplikasi ini mengalami beberapa pengujian, error rate yang paling minimum diperoleh dari hasil proses konversi citra teks normal dengan CER 1.62% dan WER 2.73%. Kondisi error rate maksimum diperoleh pada pengujian malam hari dengan CER 28.69% dan WER 44.87% dan waktu rata-rata untuk proses konversi gambar adalah 7.7 detik. Aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan terus menerus sehingga menjadi aplikasi yang dapat digunakan dilapangan sebagai konversi citra teks ke teks yang baik.
Kata Kunci : Android, OCR (Optical Character Recognition), Tesseract Engine, Citra Teks.ABSTRACT: Development of smart phone today be waited many users. That caused some of smart phone have different feature. for example smart phone with android operating system. One of many feature of android is the open source operating system. So many programmer use that feature to make their own applications. One of application can developed by android operating system is OCR (Optical Character Recognition).

As we know OCR is a technology to convert the text image become text file, in this final project OCR technology so that image can be easier and more flexible to edit with electronic device because this technology can implemented based on android smart phone.

In this final project make a application used OCR technology with Tesseract Engine to convert the text image. Minimum error rate based on normal condition with CER 1.62% and WER 2.73%. for maximum error rate based on night condition with CER 28.69% and WER 44,87% and the average time of image processing is 7.7 second. So, my hope this application can improved by another research.Keyword: Android, OCR (Optical Character Recognition), Tesseract Engine, Text Image.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Konversi Gambar Teks Ke Teks Berdasarkan Hasil Pengambilan Citra Digital Berbasis Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gesha Ardyansyah
Perorangan
Gelar Budiman , Inung Wijayanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini