IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI LINK AGREGASI PADA JARINGAN INTERVLAN UNTUK LAYANAN TRIPLE PLAY

ARDHIKA HADISAPUTRA

Informasi Dasar

111081030
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan masyarakat akan teknologi informasi semakin pesat sehingga memacu perkembangan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi tersebut diimbangi dengan penambahan kapasitas bandwidth yang disediakan. Dengan penambahan kapasitas bandwidth tersebut tentu akan mendorong suatu teknologi informasi yang mampu menyediakan berbagai macam layanan, seperti triple play yang meliputi voice, data, dan video. Pada jaringan VLAN yang sangat kompleks dan mempunyai banyak user, akan banyak trafik yang melewati link dengan mode trunk sebagai penghubung interVlan. Hal ini akan membuat link tersebut menjadi padat dan memungkinkan terjadinya antrian dan penumpukan paket. Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan bandwidth yang lebih besar pada link tersebut.

Dalam tugas akhir ini diimplementasikan LACP (Link Aggregation Control Protocol) pada jaringan interVLAN yang berfungsi menggabungkan beberapa kanal fisik menjadi satu kanal logikal yang mempunyai bandwidth gabungan antara keduanya. Namun LACP ini dinilai beberapa ahli kurang handal dalam hal penyeimbangan beban trafik, dan throughput yang dihasilkan pun menjadi tidak maksimal. Sehingga penulis mencoba memanfatkan skema alternatif yaitu dengan menambahkan algoritma roundrobin yang berfungsi untuk menyeimbangkan beban trafik pada interface link agregasi.

Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa Link Aggregation dengan balance round-robin mampu menghasilkan tingkat performansi yang mendekati nilai performansi yang dihasilkan pada jaringan biasa tanpa menggunakan Link Aggregation, bahkan lebih unggul pada layanan voice terbukti dari nilai jitter dan packetloss yang lebih kecil. Dan mampu menaikkan throughput sebesar 92.23% dari throughput yang dihasilkan oleh Link Aggregation yang menggunakan LACP pada kondisi jaringan tanpa background traffic.
Kata Kunci : InterVLAN, Link Aggregation, Triple Play, Round-robin, BandwidthABSTRACT: The increasing needs of information technology has encouraged the rapid development of information technology itself. The development of information technology is balanced by the expand of bandwidth capacity provided. This higher bandwidth capacity will certainly leads to an information technology that can provide wide range of services, such as triple play which includes voice, data, and video. In a complex VLAN network that has many users, there will be a very high traffic passing through the link to trunk mode as links interVlan. This will cause the congestion of the link and allow queuing and stacking packages to happen. To overcome this problem, larger bandwith in the link is required.

In this thesis, LACP (Link Aggregation Control Protocol) is implemented into the interVLAN in the purpose of combining multiple physical channels into a single logical channel with the combined bandwidth of those two. However, some researcher considered that this LACP is less reliable in terms of balancing the traffic load and resulting the non-optimum throughput. Hence, the author tries to take advantage of alternative schemes by adding a round-robin algorithm that can balance the traffic load on the interface link aggregation.

The result of this research shows that Link Aggregation with round-robin balance can produce better performance that approaches the level of performance produced at normal network without using Link Aggregation, even better in voice services, as shown in the value of jitter and packetloss which are smaller. The throughput, also, can be increased 92.23% of the throughput generated by the Link Aggregation using LACP on network conditions without background traffic.

Keyword: InterVLAN, Link Aggregation, Triple Play, Round-robin, Bandwidth

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERFORMANSI LINK AGREGASI PADA JARINGAN INTERVLAN UNTUK LAYANAN TRIPLE PLAY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARDHIKA HADISAPUTRA
Perorangan
Rendy Munadi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  untuk menambah referensi 17 February, 2016
imamichwani – IMAM ICHWANI
download pdf
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini