DETEKSI DAN ANALISIS CONVEX DAN CONCAVE POLYGON PADA BANGUN GEOMETRI 2-DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN TRANSFORMASI RADON BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

Anggunmeka Luhur Prasasti

Informasi Dasar

111081006
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada tugas akhir ini dibuat suatu aplikasi untuk mendeteksi dan menganalisis convex dan concave polygon pada bangun geometri 2-dimensi dengan menggunakan transformasi Radon. Pada penelitian sebelumnya telah dapat diketahui jumlah sisi segi-N bangun geometri, namum belum mampu membedakan bangun convex dan concave polygon. Pengenalan pola bangun geometri sangat penting untuk pengenalan objek menggunakan citra digital, contohnya pada aplikasi sensing robotic.

Untuk mendeteksi dan menganalisis bangun geometri berbentuk convex dan concave polygon dalam sebuah citra digital, terlebih dahulu objek diakuisisi dengan dua cara yaitu dengan membangkitkan citra dari komputer dan dengan capturing dari webcam. Dilakukan preprocessing untuk mendapatkan garis tepi objek, kemudian dilakukan transformasi Radon dan dianalisis jumlah, letak dan pola titik-titik pada transformasi Radon tersebut. Jumlah titik mendefinisikan jumlah sisi bangun geometri. Letak titik yang berada di daerah bayangan hasil transformasi Radon garis lainnya mendefinisikan bangun tersebut merupakan concave polygon.

Dalam menguji tingkat performansi algoritma dan aplikasi yang diimplementasikan, maka diujikan 216 citra berbentuk convex dan concave polygon bersisi 4, 5, dan 6 masing-masing dengan warna yang berbeda. Berdasarkan hasil uji, aplikasi ini dapat membedakan objek convex dan concave polygon dengan akurasi 99,07% dan dapat mengetahui jumlah sisi bangun geometri dengan akurasi 85,65% dengan waktu komputasi rata-rata 3,83 detik.Kata Kunci : Bangun Geometri, Convex dan Concave Polygon, Transformasi Radon.ABSTRACT: An application is made to detect and analyze the convex and concave polygons on 2-dimensional geometry object using Radon transformation on this thesis. Previous researches have been able to know the number of an N side of the geometry object, but they have not been able to distinguish between convex and concave polygon. Geometric pattern recognition is very important to recognize object using digital image, for example in sensing robotic applications.

To detect and analyze convex and concave polygon in a digital image, first the object is acquired by two methods: by generating images from a computer and by capturing from the webcam. Geometry object is preprocessed to get its edge. Then, edge object is transformed in Radon domain become dots to be analyzed in dots amount, location and formation. The number of dots defines the number of sides of geometry object in original image. Dots in shadow of Radon transform from other lines defines concave polygon.

The algorithm is implemented in the software. It has been tested in 216 images consist of 4, 5, and 6 sides convex and concave polygon with different colors. Based on results, this application can distinguish between convex and concave polygon object with 99.07% accuracy and can identify the number of geometry sides with 85.65% accuracy. Average computation time is about 3.83 seconds.

Keyword: Geometry, Convex and Concave Polygon, Radon transform.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DETEKSI DAN ANALISIS CONVEX DAN CONCAVE POLYGON PADA BANGUN GEOMETRI 2-DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN TRANSFORMASI RADON BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggunmeka Luhur Prasasti
Perorangan
Koredianto Usman, Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini