applikasi identifikasi nada suara manusia menggunakan metode fft berbasis android

irvan hadyansyah

Informasi Dasar

111081004
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Setiap penyanyi atau setiap orang yang bernyanyi diharuskan memiliki kemampuan untuk mengenali dan melantunkan nada dengan tepat terutama anggota paduan suara. Akan tetapi tidak semua orang memiliki kemampuan tersebut sehingga menimbulkan nada yang sumbang dan tidak seirama dengan musik. Untuk itu dibutuhkanlah teknologi berupa aplikasi guna membantu manusia untuk mengenali nada, karena tidak semua orang bisa dapat mengenali suatu nada. Dalam hal ini penulis telah membuat sebuah aplikasi untuk mengidentifikasi tangga nada yang dilantunkan oleh manusia.

Aplikasi ini menggunakan suara manusia sebagi inputan yang selanjut nya sinyal inputan akan di filter dan di windowing, setelah itu sinyal inputan akan di ekstrasi ciri dengan metoda FFT. Kelauaran dari FFT tersebut berupa data koefisien titik yang selanjutnya akan dibandingkan dengan data input yang berupa koefisien titik juga. Dalam perbandingan aplikasi ini menggunakan metode Euclidian Distance .

Aplikasi ini mempunyai dapat mengenali nada apa yang di keluarkan oleh suara manusia dengan tingakat akurasi real time 43 % ketika menggunakan FFT dengan N titik 64 yang kemudian di threshold dan di normalisasikan. Untuk non real time aplikasi ini mempunyai tingkat akurasi 73% dengan pengaturan menggunakan FFT dengan N titik 64 yang kemudian di threshold dan dinormalisasikan.Kata Kunci : Voice Recognation, Fast Fourier Transformation, Euclidean Distance, AndroidABSTRACT: Every singer or every person who sang required to have the ability to recognize tone and accurately sync with the music . But not everyone has the ability to do that, so the song become false and not synchronized with the music. To prevent that, we need an aplication to assist people to recognize the tone, because not everyone can get to know a tone. In the made of application, we need to choose operating system that will be used. Android operating system is one of the operating system that is halfway grown adult in society. There are advantages of this operating system among other operating systems can be modified to suit our own desires, many computer applications are already available for Android smartphones.

Thisapplicationusesthe human voiceas asignalinputand then the signal input will be filterd and windowed. After that, the signal input will beonthe extractionof characteristics withthe FFTmethod. The output form ofFFT method would be coefficientsdatapoints of signal input whichwill then be comparedwith the databaseusing Euclidien Distance.

This application can identificatewhatthe toneis usedbythe human voiceinreal timetwith 43% accuracy whenusing theFFTwithaN = 64withthresholdandthennormalize. For nonreal-time this applications has a73% accuracy ratewiththe settingsusingFFT N =64and thenusingthresholdandnormalization.Keyword: Voice Recognation, Fast Fourier Transformation, Euclidean Distance, Android

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

applikasi identifikasi nada suara manusia menggunakan metode fft berbasis android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

irvan hadyansyah
Perorangan
Gelar Budiman , Unang Sunarya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini