Perancangan dan Realisasi Multiband U-slot Planar Inverted-F Antenna (PIFA)

Erick Rikardo

Informasi Dasar

111080225
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi komunikasi wireless mobile kini semakin berkembang dengan munculnya berbagai teknologi seperti GSM, UMTS, mobile LTE, wireless LAN, dan teknologi yang lainnya. Dalam aplikasinya, teknologi-teknologi tersebut membutuhkan frekuensi masing-masing. Tantangan terbesar dari antena pada zaman ini adalah antena yang kecil namun bisa beroperasi pada setiap teknologi yang ada. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan antena multiband. Planar inverted-F antenna (PIFA) merupakan salah satu jenis antena yang banyak digunakan untuk aplikasi handset.

Planar inverted-F antenna (PIFA) merupakan pengembangan dari antena monopole /4. Sekarang ini antena PIFA banyak digunakan untuk aplikasi radio yang mobile dan portable karena desain yang sederhana, berat yang ringan, dan biaya pembuatan yang rendah. Antena PIFA terdiri dari 2 bagian, yaitu patch dan ground plane. Pada penelitian sebelumnya, disebutkan bahwa penggunaan slot pada groundplane dapat memperlebar bandwidth pada antenna PIFA dan menghasilkan frekuensi resonan yang baru untuk frekuensi tinggi. Selain itu, penggunaan beberapa slot berbentuk U pada patch dapat menghasilkan beberapa frekuensi resonan yang baru pada antena PIFA dibandingkan dengan antena PIFA tanpa slot.

Pada tugas akhir ini, dirancang dan direalisasikan suatu antena PIFA yang bekerja pada frekuensi GSM 850 (828-890MHz), GSM 900 (880-960MHz), GSM 1900 (1850-1990 MHz), UMTS (1910-2170MHz), Bluetooth (2.4 GHz), Mobile LTE (2.6-2.7GHz), dan Wireless LAN 5.8 (5.8-5.9 GHz) dengan menggunakan U-slot pada patch antena dan slot rectangular pada groundplane antena.Kata Kunci : antena PIFA, multiband, U-slot, slot groundplaneABSTRACT: Mobile wireless communication technology is now growing with the advent of various technologies such as GSM, UMTS, LTE mobile, wireless LAN, and other technologies. In its application, these technologies require individual frequencies. The biggest challenge in this days of the antenna is an antenna that is small but can operate on any existing technology. One that can be done is with multiband antenna. Planar inverted-F antenna (PIFA) is one of the many types of antennas used for handset applications.

Planar inverted-F antenna (PIFA) is an enhancement of the / 4 monopole antenna . Now this PIFA antennas are widely used for mobile and portable radio applications because of simple design, light weight, and low manufacturing cost. PIFA antenna consists of two parts, the patch and ground plane. mentioned that the use of slots in the groundplane can widen the bandwidth of the PIFA antenna and produce a new resonant frequency at high frequency. In addition the use of some U-shaped slot on the patch can generate some new resonant frequency of the PIFA antenna compared with PIFA antenna without a slot.

At this final task, designed and realized a PIFA antenna that works on GSM 850 (828-890MHz), GSM 900 (880-960MHz), GSM 1900 (1850-1990 MHz), UMTS (1910-2170MHz), Bluetooth (2.4 GHz), Mobile LTE (2.6-2.7GHz), and Wireless LAN 5.8 (5.8-5.9 GHz) using U-slot patch antenna and the rectangular slot in the groundplane antenna.Keyword: PIFA antenna, multiband, U-slot, slot groundplane

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Multiband U-slot Planar Inverted-F Antenna (PIFA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Erick Rikardo
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini