Perancangan dan Realisasi Antena Array Mikrostrip Bentuk Rectangular pada X-Band (9,37-9,43 GHz) untuk Aplikasi Radar Pengawas Pantai

Panji Setia Prasaja

Informasi Dasar

111080183
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Berbagai konfigurasi dan karakteristik pada radar memancing munculnya teknologi-teknologi baru yang akan mendukungnya. Salah satu pendukungnya yaitu dari segi transmisi. Akan dibutuhkan suatu perangkat transmisi yang sesuai dengan karakteristik dari radar itu sendiri. Perangkat transmisi itu adalah antena. Permasalahan yang ada adalah bagaimana membuat sebuah antena radar yang efisien, berdimensi kecil dan mudah di konfigurasikan susunannya.

Pada Tugas Akhir ini yang berjudul ” Perancangan dan Realisasi Antena Array Mikrostrip Bentuk Rectangular pada X Band (9,37-9,43 Ghz) untuk Aplikasi Radar Pengawas Pantai” membahas mengenai pembuatan antena dengan menggunakan teknik pencatuan probe coaxial dengan bentuk patch rectangular. Pada Tugas Akhir ini akan menggunakan software CST Microwave Studio 2010.

Hasil yang diharapkan dari penelitian ini yaitu, terimplementasikannya perancangan antena array dua elemen dengan patch rectangular yang bekerja pada X band untuk aplikasi radar. Antena ini diharapkan bekerja pada rentang frekuensi 9,37 – 9,43 GHz, memiliki VSWR < 1,5, dan gain > 6 dBi.

Kata Kunci : radar, antena mikrostrip susun, rectangular patch, X-bandABSTRACT: Various configurations and characteristics of the radar provoke the emergence of new technologies that will support it. One of the supporters in terms of transmission. Radar will need a transmission device according to the characteristics of the radar itself. The transmitting device is an antenna. The issues are how to create an efficient radar antennas, small dimension and easy to configure the order.

At this final project entitled " Design and Realization Of Array Rectangular Patch Microstrip Antenna in X-Band ( 9,37-9,43 Ghz) for Surveillance Radar Aplication " to discuss the making procces of antenna using a coaxial probe technique with a form of rationing rectangular patch. This final project will use the software CST Microwave Studio 2010.

The expected results of this study, namely, is the implementation of two array elements antenna design with a rectangular patch that works on X-band radar applications. This antenna is expected to work in the frequency range from 9.37 to 9.43 GHz, has VSWR <1.5, and gain> 6 dBi.

Keyword: Radar, Array of microstrip Antena, rectangular patch, X-band

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Antena Array Mikrostrip Bentuk Rectangular pada X-Band (9,37-9,43 GHz) untuk Aplikasi Radar Pengawas Pantai
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Panji Setia Prasaja
Perorangan
Budi Prasetya, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini