Desain dan Implementasi MFCC pada Robot Beroda Menggunakan Suara Berbasis Mikrokontroler dan TMS320C6455

Agita Prasetyo Adhi

Informasi Dasar

111080154
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kendali perangkat elektronik umumnya masih berupa saklar atau tombol dimana pengguna harus berada di dekat perangkat tersebut. Perintah dengan menggunakan suara memungkinkan pengguna dapat mengontrol sebuah peralatan elektronik dengan hanya mengucapkan perintah melalui peralatan masukan audio, hal ini memberikan pilihan lain sebagai metode kendali perangkat elektronik tanpa menggunakan tangan.

Sistem yang dibuat dalam tugas akhir ini menggunakan digital signal processor (DSP) tipe TMS320C6455 sebagai pemroses suara dan sistem robot beroda sederhana yang terdiri dari rangkaian sistem minimum mikrokontroler dan motor sebagai penggeraknya. Metode yang digunakan untuk mengolah suara adalah Mel Frequensy Cepstral Coefficient (MFCC) sebagai ekstraksi ciri dan Euclidean Distance sebagai algoritma klasifikasi. Suara yang masuk ke dalam perangkat DSP akan diolah sehingga dihasilkan vektor ciri sesuai metode MFCC dan akan dibandingkan dengan database yang sebelumnya telah disimpan pada DSP. Metode klasifikasi digunakan untuk menghitung jarak antar vektor suara masukan dan vektor database, hasil yang paling mendekati database akan digunakan sebagai keputusan. Selanjutnya DSP akan membangkitkan sinyal DTMF dan diterjemahkan dalam bentuk logika 4 bit menggunakan DTMF decoder (IC MT8870) sebagai masukan pada sistem mikrokontroler. Mikrokontroler bertugas untuk mengendalikan pergerakan dari motor yang ada pada sistem.

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah adanya gangguan (noise) dari microphone, serta pengucapan perintah yang harus jelas dan normal dalam waktu kurang dari satu detik. Hasil penelitian menunjukan sistem dapat memverifikasi jenis suara masukan dengan akurasi terbaik adalah 63.33%. Sistem belum dikatakan baik karena metode klasifikasi yang belum begitu tepat dalam menentukan hasil keputusan.Kata Kunci : Kata Kunci : TMS320C6455, MFCC, Euclidean Distance, DTMF Decoder, Mikrontroler, Microphone.ABSTRACT: Control of electronic devices commonly is switch or button which the user must be near the device. Using a voice command allows users to control an electronic device by simply saying commands via the audio input device, this provides another option to control electronic devices without hands.

System in this thesis use the digital signal processor (DSP) TMS320C6455 as sound processing and a simple wheeled robot consist of minimum system microcontroller and the motor as a driving. The method to process sound is Mel Frequency Cepstral Coefficient (MFCC) as feature extraction and Euclidean Distance for classification algorithms. The voice will be processed to produce a MFCC fector and will be compared with a database that has previously been stored in the DSP. Classification method used to calculate the distance between the sound input vector and vector database, the closest results database will be used as a decision. Next DSP generate DTMF signals and translated to a 4-bit form logic use DTMF decoder (MT8870 IC) as an input to the system microcontroller. Microcontroller responsible to controll the movement of motors on the system.

Problems encountered in this study is the presence of interference (noise) from the microphone, the pronunciation of the command must be clear and normal in less than a second. The results showed the system verify the type of sound input with the best accuracy is 63.33%. The system still cannot be implemented due to lack of accuracy.Keyword: Key Words: TMS320C6455, MFCC, Euclidean Distance, DTMF decoder, microcontroller, Microphone.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Desain dan Implementasi MFCC pada Robot Beroda Menggunakan Suara Berbasis Mikrokontroler dan TMS320C6455
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Agita Prasetyo Adhi
Perorangan
Gelar Budiman, Inung Wijayanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini