ANALISIS PERENCANAAN MIGRASI KONFIGURASI JARINGAN 3G dari ATM ke IP BASED pada NODE B di BANDUNG (STUDI KASUS XL. AXIATA BANDUNG)

ANANDA PUTRA PRADANA

Informasi Dasar

111080140
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini kebutuhan layanan data pada user sangat tinggi. Hal ini ditinjau dari meningkatnya permintaan layanan data dari pengguna mobile phone. hal ini memicu adanya teknologi baru, sehingga operator jaringan mobile phone berlomba–lomba menerapkan jaringan yang mendukung layanan data, salah satunya operator XL. Saat ini XL AXIATA masih banyak node B yang menggunakan jaringan transport ATM (Asynchronous Transfer Mode). Dikarenakan meningkatnya permintaan layanan data, menyebabkan operator menaikkan bandwidth transport. Akibatnya jaringan ATM saat ini belum cukup untuk menampung layanan data dikarenakan bandwidth tidak cukup. Oleh karena itu saat ini perlu diadakan migrasi ke jaringan IP(Internet Protocol) based, dimana jaringan IP based tersebut memiliki bandwidth yang cukup lebar dan memungkinkan untuk menampung permintaan layanan data dari pengguna.

Dalam Tugas akhir ini telah diteliti tentang perencanaan migrasi dan konfigurasi pada node B. Dimulai dengan mencari parameter yang diamati, dilihat dari data RNC selama minimal 1 bulan sebagai permasalahan utama dilakukannya migrasi yaitu(Congestion,payload downlink HSDPA dan payload uplink HSUPA). Dilanjutkan dengan melakukan drive test untuk mengambil sample node B sesuai dengan parameter Throughput untuk masuk ke proses perencanaan,migrasi dan konfigurasi, setelah itu mengamati data RNC untuk mendapatkan hasil yang kemudian dianalisis sebagai rekomendasi untuk perusahaan XL kedepan.

Dari penelitian tugas akhir ini hasil yang telah didapatkan dengan menggunakan parameter-parameter yang diamati yaitu, data congestion mengalami perubahan yang sebelumnya memiliki nilai 1,44 % pada link transport ATM menurun dan stabil menjadi 0 %. Pada parameter payload HSDPA arah downlink terjadi peningkatan yang sebelumnya bernilai 4226,67 Kbps menjadi 9246,34 Kbps. Pada parameter payload HSUPA arah uplink terjadi peningkatan yang sebelumnya bernilai 341,71 Kbps menjadi 555,54 Kbps.Kata Kunci : Congestion,Payload downlink HSDPA,Payload uplink HSUPA, Throughput,IP,ATMABSTRACT: Current data on the needs of service users is very high. It is observed from the increasing demand for data services on the mobile phone users. this triggers a new technology, so the mobile phone network operators are competing to implement a network that supports data services, one of which operator XL. Currently XL AXIATA node B still many who use the transport network ATM (Asynchronous Transfer Mode). Due to the increasing demand for data services, leading to increase bandwidth transport operators. Consequently ATM network is not adequate to accommodate data services due to insufficient bandwidth. Therefore at this time there should be migration to IP networks (Internet Protocol) based, in which IP-based network has enough bandwidth to accommodate wide and allows a data service requests from users.

In this final project has researched about migration planning and configuration on node B. Started by finding the parameters of the observed views of the data for at least 1 month RNC as a major problem that is doing the migration (Congestion, payload downlink HSDPA and HSUPA uplink payload). Followed by doing drive test to take samples in accordance with the node B Throughput parameter to enter into the process of planning, migration and configuration, after observing the data that the RNC to get the results then analyzed as a recommendation for the company XL fore.

Of this research results that have been obtained using the observed parameters, namely, the data congestion experienced changes that previously had values of 1.44% at the ATM transport links and a steady decrease to 0%. In the payload parameters HSDPA downlink direction before increasing the value 4226.67 9246.34 Kbps to Kbps. In the payload parameters HSUPA uplink previously increased value to 555.54 Kbps 341.71 Kbps.Keyword: Congestion,Payload downlink HSDPA,Payload uplink HSUPA, Throughput,IP,ATM

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERENCANAAN MIGRASI KONFIGURASI JARINGAN 3G dari ATM ke IP BASED pada NODE B di BANDUNG (STUDI KASUS XL. AXIATA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANANDA PUTRA PRADANA
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Yus Ahmad Yusuf H
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini