ANALISIS PENGAMANAN DATA DENGAN STEGANOGRAFI AUDIO BERBASIS TEKNIK PSYCHOACOUSTIC

LAELI MUTMAINNAH

Informasi Dasar

111080137
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem security di dunia telekomunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam menjamin keamanan pengiriman informasi. Steganografi merupakan ilmu penyisipan suatu informasi yang bersifat rahasia ke dalam media cover tertentu dengan tujuan informasi tersebut tidak diketahui oleh pihak yang tidak berhak. Dengan steganografi, media tempat penyisipan data rahasia tersebut yang disebut data cover, secara kasat mata tidak tampak mengandung suatu informasi yang telah disisipkan. Perkembangan terakhir menyebutkan beberapa metode telah diterapkan dalam teknik steganografi audio tetapi masih memiliki keterbatasan yaitu sinyal pesan terkadang masih mengganggu sinyal cover. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu optimalisasi yaitu dengan memilih tempat penyisipan pesan menggunakan pemodelan Psychoacoustic.

Pada Tugas Akhir ini telah diteliti bahwa pemodelan Psychoacoustic dapat diterapkan pada teknik steganografi audio dengan menyisipkan pesan audio ke dalam cover yang juga berupa data audio. Prosesnya dititikberatkan pada tempat penyisipannya yaitu di bandwidth cover audio yang tidak sensitif oleh telinga manusia. Bandwidth ini dipilih dan didapatkan dengan pemodelan Psychoacoustic. Teknik penyisipannya menggunakan metode sederhana yaitu mengganti sinyal cover pada bandwidth terpilih dengan sinyal pesan rahasia.

Dari hasil pengujian performansi sistem, untuk cover audio dengan panjang 30 detik dapat disisipkan pesan audio dengan panjang maksimal 5 detik. Audio stego yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik yaitu SNR >30 dB dan MSE <1x10e-04 serta pesan rahasia hasil ekstraksi memiliki SNR >10 dB, MSE <1x10e-03 dan cukup kuat terhadap serangan AWGN.Kata Kunci : Steganografi, audio stego, Psychoacoustic, bandwidth, cover, pesan rahasia.ABSTRACT: Security system in telecommunications is very important to ensure the security of information transmission. Steganography is a technique of communication to hide the data information into the cover, so the information or the message is unknown by the parties who are not allowed. With steganography, the data cover as visible does not contain any information that has been inserted. Recent developments has been widely stated that some methods have been applied in audio steganography, but still have limitations that the message signal still disturbs the cover. Therefore, we need an optimization system by selecting the embedding point using Psychoacoustic modeling.

This final project has been observed that Psychoacoustic modeling can be applied to audio steganography techniques for data security by inserting an audio message into an audio cover. The process focused on embedding point which message is inserted at bandwidth of audio cover that insensitive by human ears. Bandwidth is selected and obtained by Psychoacoustic modeling. The embedding technique uses a simple method by replacing the cover signal at selected bandwidth with a secret message signal.

The results obtained that cover data with length 30 seconds can be inserted by audio message with maximum length is 5 seconds. Audio steganography has excellent quality with SNR >30 dB and MSE <1x10e-04, and also the secret message has SNR >10 dB, MSE <1x10e-03 and robust against AWGN.Keyword: Steganography, stego audio, Psychoacoustic, bandwidth, cover, secret message.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

ANALISIS PENGAMANAN DATA DENGAN STEGANOGRAFI AUDIO BERBASIS TEKNIK PSYCHOACOUSTIC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LAELI MUTMAINNAH
Perorangan
Bambang Hidayat, Rian Febrian Umbara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini