ANALISIS SISTEM PENGKLASIFIKASIAN PHALAENOPSIS MELALUI BENTUK DAN WARNA DAUNNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WAVELET

YOSSIE SANDEI MARTINO

Informasi Dasar

111080128
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Phalaenopsis atau yang biasa disebut dengan anggrek bulan mempunyai banyak jenis. Ada 26 jenis yang sudah dikenali di Indonesia. Anggrek dapat diklasifikasikan berdasarkan habitatnya yaitu dataran tinggi maupun dataran rendah. Tingkatan dalam kebutuhan sinar matahari langsung, dan tidak memerlukan banyak air. Masih banyak orang Indonesia yang belum mengetahui apa itu phalaenopsis dan apa saja jenis-jenis dari phalaenopsis itu sendiri.

Pada tugas akhir ini telah di buat suatu aplikasi untuk menganalisis dan mengklasifikasikan phalaenopsis melalui bentuk dan warna daunnya. Dimana daun dari phalaenopsis digunakan sebagai data uji dan data latih. Pada tugas akhir ini digunakan metode ekstraksi cirri wavelet. Pada transformasi wavelet akan dilakukan proses dekomposisi ekstraksi ciri dan pada metode Jaringan Syaraf Tiruan Self Organizing Maps (SOM) akan dilakukan restorasi citra untuk mengklasifikasikan dan mengelompokkan jenis-jenis anggrek yang digunakan sebagai sampel.

Hasil yang telah dicapai dalam pengklasifikasian phalaenopsis adalah dengan akurasi 100% dengan waktu komputasi rata-rata 12.66 detik dengan pengambilan gambar secara vertikal (mendatar) untuk foto dengan jarak, kemiringan, backgroud, cahaya yang sama persis dan semuanya sudah ada di database.Kata Kunci : Kata kunci : Analisis sistem pengklasifikasian phalaenopsis, transformasi wavelet, JSTABSTRACT: Phalaenopsis or commonly known with the orchid has many types. There are 26 species that have been recognized in Indonesia. Orchids can be classified based on their Habitat, namely the Highlands and lowlands. Levels in need direct sunlight, and do not require much water. There are still many people of Indonesia who have yet to figure out what it is and what types of phalaenopsis-types of phalaenopsis itself.

In this final task has been made an application to analyze and classify phalaenopsis through the shape and color of the leaves. Where the leaves of phalaenopsis being used as test data and data training. In this final task used wavelet features extraction method. On wavelet decomposition process will do the extraction and characteristics of Neural Network method on Self Organizing Maps (SOM) will do the restoration image is to classify and group species of orchids which were used as the sample.

The results that have been achieved in the classification accuracy of phalaenopsis is with 100% with average computing time of 12.66 seconds with image capture vertically (horizontally) to the photo with the distance, the slope, backgroud, the light is exactly the same and everything is already in the database.Keyword: Keyword: analysis of detection system of phalaenopsis, The transformation of wavelet, JST

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

ANALISIS SISTEM PENGKLASIFIKASIAN PHALAENOPSIS MELALUI BENTUK DAN WARNA DAUNNYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE WAVELET
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOSSIE SANDEI MARTINO
Perorangan
Bambang Hidayat, I Made Kusuma Wardana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini