Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip Persegi Dengan Metode Pencatuan Inset Feed dan Celah Udara Pada Frekuensi 2,3 - 2,4 GHz untuk Aplikasi Pada Wimax

Lencana Sherlyta

Informasi Dasar

111080124
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: WiMAX adalah pilihan tepat saat ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan jasa telekomunikasi yang cepat dan mudah di akses kapanpun dimanapun. WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (Broadband Wireless Access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. Dalam realisasinya, teknologi WiMAX membutuhkan perangkat pendukung pada sisi transmisi yaitu antena. Antena ini harus dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya (user). Salah satu jenis antena yang sesuai di sisi user adalah mikrostrip karena memiliki beberapa keunggulan terutama pada rancangan antena yang tipis, kecil, ringan, dan mudah dalam fabrikasi. Dengan melihat beberapa literature dari Tugas Akhir sebelumnya yang juga merealisasikan antena mikrostrip untuk aplikasi WiMAX dan merujuk ke referensi jurnal tentang bandwidth enhancement, maka penulis merancang dan merealisasikan antena untuk di sisi penerima (receiver) yaitu antena mikrostrip persegi dengan metode pencatuan inset feed dan celah udara untuk aplikasi WiMAX pada frekuensi 2,3-2,4 GHz. Pola radiasi antena adalah unidireksional. Dengan persentase bandwidth yang dihasilkan sebesar 3,51% untuk VSWR ≤ 1,5 dan 6,8% untuk VSWR ≤ 2.
Kata Kunci : Wimax, mikrostrip persegi, inset feed, celah udaraABSTRACT: WiMAX is the right choice at this time to meet community needs for telecommunications services are quick and easy access anytime anywhere. WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) is a broadband wireless access technologies (Broadband Wireless Access BWA for short) which has a high-speed access toa wide range. In realization, WiMAX technology requires support device on the transmission side of the antenna. This antenna must be able to adapt to the needs of users. One suitable type of antenna on the user is a microstrip because it has several advantages, especially in the design of the antenna is thin, small, lightweight, and easy in fabrication.
By looking at some of the literature from previous Final Project that also realized the microstrip antenna for WiMAX application and refer to the reference journal about bandwidth enhancement, the authors designed and realized antenna receiver that is a rectangular microstrip antenna with inset feed rationing method and the air gap for WiMAX applications at frequencies from 2.3 to 2.4 GHz. Antenna radiation pattern is unidirectional. With the percentage of bandwidth is generated by 3.51% for VSWR ≤ 1.5 and 6.8% for VSWR ≤ 2.
Keyword: WiMAX, microstrip rectangular, inset feed, the air gap

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Antena Mikrostrip Persegi Dengan Metode Pencatuan Inset Feed dan Celah Udara Pada Frekuensi 2,3 - 2,4 GHz untuk Aplikasi Pada Wimax
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lencana Sherlyta
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Hepi Ludiyati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini