Implementasi Dan Analisis Pengaruh IPSec Pada Tunnelling IPv6 Over IPv4 Menggunakan Tunnel Broker

Andika Wiyasa Putra Utama

Informasi Dasar

111080104
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan akan alamat Internet Protocol (IP) semakin meningkat sementara itu alamat IP yaitu IPv4 yang ada saat ini sudah semakin menipis. Dalam waktu beberapa tahun kedepan, alamat IPv4 akan segera habis dan akan digantikan oleh IPv6. Dalam masa transisi dari IPv4 menuju IPv6, membutuhkan suatu mekanisme tertentu untuk menghubungkan IPv4 dengan IPv6. Mekanisme dasar tersebut yaitu dual stack, tunelling, dan translasi. Salah satu mekanisme tunelling yang marak digunakan ialah tunnel broker. Tunnel broker merupakan salah satu mekanisme untuk interkoneksi host IPv6 melalui jaringan infrakstruktur IPv4. Tunnel broker merupakan sebuah layanan yang memberikan alamat IPv6 kepada host IPv4 yang terhubung dengan jaringan internet IPv4 agar bisa berhubungan dengan jaringan IPv6.
Pada tugas akhir ini, penulis membuat sistem tunnel broker untuk interkoneksi IPv6 melalui jaringan IPv4. Selanjutnya akan diuji dan dianilisis perbandingan jaringan dengan sistem keamanan menggunakan protokol IPSec dan jaringan dengan sistem yang tidak menggunakan protokol IPSec. Kemudian dilakukan pengecekan header packet untuk mengetahui proses enkripsi paket. Setelah itu dilakukan penilitian uji performansi jaringan.
Dari hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa protokol IPSec dapat diimplementasikan pada tunelling IPv6 over IPv4. Hal ini dapat dilihat pada paket data yang terlihat pada aplikasi wireshark. Akan tetapi, implementasi protokol IPSec ini dapat menyebabkan kehandalan jaringan menurun. Hal ini dapat dilihat pada nilai-nilai parameter QoS yang lebih buruk dibandingkan dengan topologi tanpa mamakai IPSec. Hal ini disebabkan oleh penambahan header dan proses enkripsi yang dilakukan protokol IPSec.
Kata Kunci : IPv6, tunnel broker, IPsec, IPv6 over IPv4ABSTRACT: Needs of the Internet Protocol address increase rapidly while the IP address which now exist, IPv4, come to an exhausting phase. In the near future, IPv4 would be occupied and repalace by IPv6.In the transition phase, we need some mechanism to connect IPv4 network and IPv6 network. The basic mechanism of this phase, such as dual stack, tunnelling, and translation. One of the tunnelling mechanism is Tunnel broker. Tunnel broker is a one of the the interconnection mcehanism for IPv6 host through the existing IPv4 infrastructure. Tunnel Broker is a service that give IPv6 address to the IPv4 host , it makes the host connect to the IPv6 network through the IPv4 infrastructure.
In this final project , tunnel broker has been implemented for the IPv6 connection through the IPv4 network. Hence, the IPv6 over IPv4 network will be compared with the network with the IPSec configuration on it. Furthermore, the writer test the network to acknowledge the quality of service and to know the encryption proccess from the IPSec protocol.
From the test, it can be concluded that the IPSec protocol can be implemented on tunnelling IPv6 over IPv4. It can be seen on the packet data that appear on wireshark program. But then, it decrease the quality of service of the network. It caused by the addition of IPSec header and the encryption process.
Keyword: : IPv6, tunnel broker, IPsec, IPv6 over IPv4

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Implementasi Dan Analisis Pengaruh IPSec Pada Tunnelling IPv6 Over IPv4 Menggunakan Tunnel Broker
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andika Wiyasa Putra Utama
Perorangan
R. Rumani, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini