Deteksi Nada Pada Saksofon menggunakan algoritma Short Time Fourier Transform (STFT) dan Jaringan Saraf Tiruan (JST)

Junelia Gultom

Informasi Dasar

111080085
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Nada adalah bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi yang bergetar dan memiliki frekuensi yang teratur. Frekuensi dapat diukur dengan menghitung jumlah getaran dalam suatu detik. Semakin tinggi frekuensi, maka nada yang yang dihasilkan juga semakin tinggi. Bagi seseorang yang baru belajar saksofon pasti akan mengalami kesulitan ketika ingin mencari nada yang tepat di sebuah lagu karena diperlukan pendengaran yang peka ketika ingin menentukan suatu nada yang akan kita cari.

Pada tugas akhir ini dibuat suatu sistem aplikasi yang dapat mengindetifikasi nada yang sedang dimainkan pada alat musik saksofon. STFT merupakan algoritma pengembangan dari FFT (Fast Fourier Transform). STFT (Short Time Fourier Transform) memberikan solusi berdasarkan window yang akan memfilter sinyal suara atau bunyi. STFT sebagai pembentuk maktriks ciri, dan merupakan salah satu sarana yang dapat digunakan untuk menganalisis sinyal-sinyal non-stasioner (yaitu sinyal yang kandungan frekuensinya bervariasi terhadap waktu), karena STFT memliki kemampuan untuk memisah-misahkan berbagai macam karakteristik pada berbagai skala. Metode Jaringan Saraf Tiruan (JST) Back Propagation digunakan untuk mengindetifikasi jenis nada pada saksofon.

Metode yang memiliki performansi terbaik dengan akurasi tertinggi dalam pendeteksian nada pada tahap offline adalah metode STFT, dengan setiap spesifikasi: threshold = 2.000, dapat menghasilkan akurasi tertinggi 80.1% pada level SNR = 0dB, 10dB, 20dB dan 30 dB. Sedangkan untuk 10 kali percobaan deteksi nada pada tahap online dengan metode gabungan STFT dan JST, diperoleh akurasi 76.6%.

Kata Kunci : Kata Kunci: Nada saksofon, Short Time Fourier Transform , dan Jaringan SarafABSTRACT: Tone is a sound that produced by a source of sound that vibrating and have a regular frequency. Frequency can be measured by counting the quantity of vibrations in a second. The higher frequency, then also resulting the higher tone. For someone who just learning a saxophone will definitely get a trouble when looking for the right tone in a song. Because, it’s required the sensitive hearing when to determine a tone that looking for.

This project was made an application system that can be identified a tone thatis being played on a saxophone. STFT is the development algorithm of the FFT (Fast Fourier Transform). STFT (Short Time Fourier Transform) provide solutions based on “the window” that will filter the sounds signal. STFT as forming characteristics of maktriks, and as a tool that can be used to analyze the signals of non-stationary (i.e. signal that the content of the frequency varies to time). STFT has ability to separate various characteristics at different scales. Back Propagation, method of Neural Networks (ANN), is used to identify the type of tone on the saxophone.

The method has the best performance with the highest accuracy in detection of tone, in the offline phase is STFT method, with each specifications: threshold = 2.000, can produce 80.1% accuracy at the level of SNR =0dB, 10dB, 20dB and 30 dB. As for 10 times experiments with each tone frequency at the online phase with and combined method STFT and ANN, can produce 76.6% accuracy.Keyword: Keywords: Tone, Saxophone, Short Time Fourier Transform, Back Propagation

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Deteksi Nada Pada Saksofon menggunakan algoritma Short Time Fourier Transform (STFT) dan Jaringan Saraf Tiruan (JST)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Junelia Gultom
Perorangan
Koredianto Usman, Eko Susatio
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini