Sistem Pengenalan Suara dengan Menggunakan Metode Template Matching untuk Automatisasi Pengaturan Audio Player

Natasha Herma Devita

Informasi Dasar

111080070
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini pengaturan audio player masih secara manual yaitu dengan mengklik fungsi-fungsi tombol yang ada pada tampilannya. Cara ini dianggap masih belum efektif dan praktis karena saat mengakses program ini harus mengabaikan pekerjaan utama. Oleh karena itu dicari suatu cara untuk dapat dengan mudah dan praktis melakukan pengaturan audio player pada komputer yaitu dengan mengimplementasikannya berdasarkan command suara. Dengan begitu diharapkan suara dapat menjadi suatu komando yang praktis untuk kendali jarak jauh.

Pada tugas akhir ini dibangun suatu sistem yang mampu mengenali suara masukan dan menganalisis ketepatan system dalam menjalankan Audio Player sesuai dengan yang diperintahkan. Apabila cocok maka suara ini akan dapat dengan praktis mengatur jalannya suatu lagu tanpa perlu menyentuhnya dengan tangan. Dalam hal ini digunakan metode template matching untuk mengenali atau mengklasifikasi pola suara input dengan pola suara yang sebelumnya telah disimpan dalam database. Sistem mengekstraksi perintah suara yang berbeda-beda menjadi dua macam ciri yaitu Zero Crossing dan Magnitude Average yang kemudian menjadi masukan untuk metode Template Matching ini.

Hasil implementasi sistem ini yaitu dapat mengenali command berdasarkan suara manusia dalam menjalankan Audio Player dengan tingkat akurasi mencapai 90 % dan hasilnya dapat ditampilkan dalam waktu komputasi tidak lebih dari 1,4 detik. Sehingga dengan begitu sistem ini cukup baik dari segi ketepatan dan kecepatan dalam melakukan pengaturan audio player secara otomatis.

Kata Kunci : template matching, audio player, zero crossing, Magnitude AverageABSTRACT: Nowadays controlling Audio Player still manually, by clicking the button functions that exist in user interface. This method is considered not effective and partical yet because when you access this program you should ignore the main job. Therefore should be a way to be easily and practically make the adjustment on the Audio Player to implement in a computer based on voice command. So that the sound is expected to be a practice command for remote control.

In this final project will be built a system to be able recognize voice input and analyze the accuracy of the system while running in Audio Player according the command. If the command match, it will be able regulate the song practically without having to touch it by hand. In this case the Template Matching used to identify or classify the input voice pattern which is the pattern have been stored in database. The system will be extracts voice command into two different kinds of characteristics there are Zero Crossing and Magnitude Average then become the input for this method of Template Matching.

The result of the implementation of this system can be recognize a command based on the human voice in running the Audio Player with the highest accuracy rate is 90 % and the results can be displayed less then 1,4 seconds. So that the system is good enough in terms of accuracy and speed in performing on Audio Player controls automatically.

Keyword: Template Matching, Audio Player, Zero Crossing, Magnitude

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Sistem Pengenalan Suara dengan Menggunakan Metode Template Matching untuk Automatisasi Pengaturan Audio Player
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Natasha Herma Devita
Perorangan
Koredianto Usman, Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini