DESAIN DAN SIMULASI PENGENALAN POLA TELAPAK TANGAN SECARA REALTIME DENGAN LOGIKA FUZZY DAN ALGORITMA GENETIKA

MIFTAHURROHMAN

Informasi Dasar

111080063
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan untuk mengidentifikasi individu di dunia saat ini sangat diperlukan, baik untuk tujuan kesehatan, keamanan, maupun pendataan. Solusi yang paling bagus untuk masalah ini adalah biometrik. Dalam biometrik, ada beberapa parameter yang dapat dijadikan acuan untuk membedakan suatu individu dengan individu lainnya salah satunya adalah telapak tangan (palmprint).

Pada tugas akhir ini dirancang sistem pengenalan pola telapak tangan secara realtime. Identifikasi dengan menggunakan telapak tangan (palmprint) memiliki beberapa keunggulan, diataranya adalah lebih murah dari identifikasi iris dan lebih tahan terhadap tangan yang basah dan kotor dibandingkan dengan metode fingerprint.

Urutan proses yang dilakukan adalah akuisisi citra, preprocessing, ekstraksi ciri, dan klasifikasi. Akuisisi citra dilakukan dalam box yang sudah didesain. Preprocessing dilakukan dengan merubah format citra hasil akuisisi ke dalam format grayscale, meregangkan kontras, menghilangkan noise dengan median filter serta melakukan deteksi tepi citra. Teknik ekstraksi ciri yang digunakan adalah Tranformasi Wavelet, dan metode klasifikasi yang digunakan adalah Logika Fuzzy yang dioptimasi dengan Algoritma Genetika. Metode fuzzy yang digunakan adalah Takagi Sugeno orde 0.

Sistem pengenalan telapak tangan secara realtime dengan metode Logika Fuzzy dan Algoritma Genetika ini terbukti mampu bekerja dengan baik dengan memberikan akurasi terbaik yaitu 82% untuk citra uji asli, 76% untuk citra uji palsu dan rentang waktu komputasi sekitar 0.8830-3.2741 detik. Kondisi ini di capai pada threshold sama dengan 5, dekomposisi level 1 dan 5 fuzzy set untuk merepresentasikan setiap ciri serta metode LOM untuk proses defuzzifikasi.Kata Kunci : Biometrik, Palmprint, Logika Fuzzy, Algoritma GenetikaABSTRACT: The need to identify individuals in the world today is very necessary, either for health, safety, and also data collection. The best solution for this problem is biometrics. In biometrics, there are several parameters that can be used as a reference to distinguish an individual with other individuals, one of them is the palm of the hand (palmprint).

In this final project, pattern recognition system by palm print feature is designed to work realtime. Identification by using the palm of the hand (palmprint) has several advantages, such as cheaper than iris identification and more resistant to wet hands and dirty compared to the fingerprint method. The processes conducted in this project are image acquisition, preprocessing, feature extraction, and classification. Image acquisition is done in box that is previously designed.

Preprocessing is done by changing the format of image acquisition results in a grayscale format, stretching contrast, removing noise with median filter, and detecting edge. Feature extraction technique used is Wavelet Transformation, and the classification method applied is Fuzzy Logic optimized with Genetic Algorithms. Fuzzy method used is 0th order of Takagi Sugeno method.

Palm recognition systems in real time by Fuzzy Logic and Genetic Algorithms are proven to work well by giving the best accuracy of 82% for genuine data test, 76% towards false data and range of computation time is between 0.8830-3.2741 seconds. This condition is in reach at threshold is 5, first level decomposition, 5 fuzzy set to represent each feature and LOM method applied for defuzzification purpose.Keyword: Biometrics, Palmprint, Fuzzy Logic, Genetic Algorithms

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DESAIN DAN SIMULASI PENGENALAN POLA TELAPAK TANGAN SECARA REALTIME DENGAN LOGIKA FUZZY DAN ALGORITMA GENETIKA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTAHURROHMAN
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Yuli Sun Hariyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini