Perancangan dan Realisasi Antena Aktif Mikrostrip pada Frekuensi 700MHz untuk Aplikasi Digital Video Broadcasting Terestrial

Fatchu Rohman Wachid

Informasi Dasar

111080056
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Migrasi penyiaran televisi dari televisi analog menjadi televisi digital saat ini merupakan salah satu topik yang menjadi fokus pemerintah untuk digalakkan. Sehingga dengan kondisi ini, kebutuhan akan perangkat pendukung yang handal yang salah satunya adalah antena tentunya menjadi komponen yang berpengaruh pada penggalakan pemerintah tersebut. Sehingga dengan kondisi ini, antena aktif dengan dimensi yang kecil dan gain yang besar diharapkan dapat mendukung hal tersebut.

Pada prinsipnya antena mikrostrip dengan satu patch memiliki karakteristik dengan bandwidth yang sempit. Salah satu teknik untuk memperlebar bandwith yaitu dengan menggunakan teknik array. Akan tetapi hal tersebut berpengaruh dalam dimensi yang menjadi lebih beser berkali lipat. Dalam tugas akhir ini, teknik yang dipakai untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat dual port,dengan salah satu port digunakan untuk terninasi dan yang lain untuk saluran gelombang. Sedangkan untuk gain yang kecil, pada tugas akhir ini ditelti dengan memasangkan secara langsung penguat daya tepat setelah elemen peradiasi pada antena.Dengan kedua teknik tersebut, Bandwidth antena menjadi lebih lebar dan gain antena juga mejadi lebih baik.

Pada tugas akhir ini dirancang antena aktif mikrostrip yang beroperasi pada frekuensi 700 MHz serta analisa performansi atas implementasi antena aktif tersebut . Antena yang dirancang diharapkan dapat diimplementasikan untuk aplikasi layanan televisi digital (Digital Video Broadcasting Terestrial) pada kanal 43 – 55 band UHF dengan spesifikasi antena memiliki VSWR ≤ 1,7 pada frekuensi kerja yang diinginkan dan gain minimal 6dBi.

Parameter yang diukur pada tugas akhir ini meliputi VSWR, Bandwidth, Gain, Polaradiasi, dan Polarisasi antena. Dengan membandingkan hasil perancangan dan pengukuran di lapangan, ternyata masih terjadi selisih hasil antara simulasi dan pengukuran langsung. Akan tetapi untuk spesifikasi yang dibutuhkan, antena hasil perancangan masih memenuhi standart dan spesifikasi yang diinginkan yaitu dengan gain bandwidth > 70MHz, gain 7,5 dBi dengan polaradiasi Unidireksional, dan polarisasi yang dihasilkan adalah elips .Kata Kunci : Antena Aktif , Amplifier, MikrostripABSTRACT: Migration of television broadcasting from analog to digital television is one of the topics that be the focus of the government to be encouraged now. So with this condition, the need of devices that are reliable support of them is the antenna into components which contribute to the promotion of these governments. So, active antennas with small dimensions and a large gain is expected to support it.

In principle, with a single patch microstrip antenna having characteristics with narrow bandwidth. One technique to widen the bandwidth is by using an array technique. However, it is influential in a dimension that is becoming more beser many-fold. In this final, the techniques used to overcome these problems is to create a dual port, with one port used for ternination and the other for the channel waves. While for a small gain, the problem solved by by plugging directly right the power amplifier after the element antenna. With these techniques,the antenna become more wide-bandwidth antenna and the antenna gain is also becoming better.

In this final, active microstrip antenna designed to operate at a frequency of 700 MHz and performance analysis of the implementation of the active antenna. The antenna is designed is expected to be implemented for the application of digital television services (Digital Video Broadcasting Terrestrial) in the channel 43-55 band UHF antenna with a VSWR specification of ≤ 1.7 at the desired operating frequency and gain at least 6dBi.

Parameters measured in this thesis include VSWR, Bandwidth, Gain, Polaradiasi, and Polarization of antenna. By comparing the results of design and measurements in the field, it still happens difference between simulation and measurement results directly. However, for the required specifications, antenna design results still meet the desired standards and specifications.Keyword: Active Antenna, Amplifier, Microstrip

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Antena Aktif Mikrostrip pada Frekuensi 700MHz untuk Aplikasi Digital Video Broadcasting Terestrial
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fatchu Rohman Wachid
Perorangan
Dharu Arseno, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini