Analisis dan Optimasi Jaringan Wireless LAN Menggunakan Global Optimization Algorithm (Studi Kasus Gedung A IT Telkom)

Netta Febian Roselanie

Informasi Dasar

111080017
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seperti telah diketahui, perkembangan teknologi berbasis wireless untuk akses data saat ini sedang berkembang pesat diawali dengan adanya WiFi (Wireless Fidelity/ WLAN) dengan cakupan dan kapasitas yang terbatas serta WiMAX dengan cakupan dan kapasitas yang besar. IT Telkom menyediakan akses wireless LAN sebagai salah satu cara mengakses internet di wilayah kampus khususnya untuk area indoor. Namun akses wireless menggunakan WLAN ini masih menjadi masalah klasik yang sampai sekarang belum terselesaikan. Padahal WLAN ini sangat dekat dengan rutinitas mahasiswa dan dosen di IT Telkom. Akses wireless ini belum bisa dinikmati secara maksimal oleh civitas IT Telkom. Akses wireless ini hanya bisa dinikmati terbatas pada spot – spot tertentu saja dan itu pun dengan level sinyal yang kecil.

Dalam Tugas Akhir ini dilakukan optimasi jaringan WLAN existing IT Telkom khususnya gedung A menggunakan Global Optimization Algorithm dengan memperhatikan spot – spot yang banyak dikunjungi mahasiswa maupun dosen yang memiliki kemungkinan untuk mengakses internet.

Setelah dilakukan optimasi, dari enam buah access point existing di area gedung A lantai 1 IT Telkom, hanya diperlukan empat buah access point untuk mengcover setiap lantai pada gedung A. Hasil optimasi mampu memperkecil area overlap dari ±50 % menjadi ±25% dari total area yang tercover jaringan WLAN.

Kata Kunci : WLAN, Global Optimization Algorithm, coverageABSTRACT: The growth of communication technology based on wireless is now grows rapidly start with WiFi (Wireless Fidelity/WLAN) with limited coverage and capacity then WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) with the larger coverage and higher capacity. IT Telkom provide wireless LAN to get the internet access expecially for indoor area. But now, access wireless using WLAN is still be a classical problem that not yet solved. Though WLAN is very close to the routines of students and lecturers in IT Telkom. Wireless access can be enjoyed only on the particular spot.

In this Final Project, performed optimization wireless LAN existing IT Telkom expecially A building using Global Optimization Algorithm with respect to the spot or area that usually visited by student and lecturer that have a possibility to access the internet. This research use some software to run the algorithm and to simulate WLAN network in A building before and after optimization.

After optimization, required only four access point from six access point existing to cover area in A building for each floor. The result from optimization can reduce overlap area from ± 50% to ± 25 % after optimization.

Keyword: WLAN, Global Optimization Algorithm, coverage

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis dan Optimasi Jaringan Wireless LAN Menggunakan Global Optimization Algorithm (Studi Kasus Gedung A IT Telkom)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Netta Febian Roselanie
Perorangan
A. Ali Muayyadi, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini