RANCANG BANGUN ANTENA VEE TANPA BEBAN PADA FREKUENSI 300 MHz - 3000 MHz VSWR 2:1

HANAFI

Informasi Dasar

111078108
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi di dunia modern semakin cepat dan beragam, sehingga banyak muncul standar teknologi yang baru dan semakin canggih. Antena sangat berperan dalam perkembangan telekomunikasi khususnya telekomunikasi dengan gelombang radio. Antena dalam hal ini sebagai perangkat yang langsung berhubungan dengan media transmisi komunikasi sangat diperlukan keberadaannya. Antena secara umum berfungsi sebagai pengubah gelombang terbimbing yang dilewatkan dari saluran transmisi menjadi gelombang ruang propagasi dan sebaliknya.
Pada tugas akhir ini dirancang suatu antena Vee tanpa beban yang mempunyai spesifikasi teknik frekuensi kerja dari 300 MHz-3000 MHz dengan batas VSWR ≤ 2,0 impedansi 50 Ω koaksial, berpola pancar unidireksional dengan gain ≥ 5,0 dBi, dan polarisasi linier.
Untuk mengetahui performansi dari antena yang dibuat apakah sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan, dalam tugas akhir ini juga dilakukan pengukuran dan pengujian parameter-parameternya. Dari hasil pengukuran yang dilakukan, diperoleh bandwidth sebesar 72,6% yaitu pada rentang frekuensi 761 MHz-2721,63 MHz dalam batasan VSWR ≤ 2,0. Sedangkan gain yang didapat adalah 6,809 dBi pada frekuensi 1650 MHz. Pola radiasi dari hasil pengukuran adalah unidireksional dan polarisasinya berbentuk elips.
Hasil pengukuran parameter antena Vee tanpa beban sudah mendekati spesifikasi teknik rancangan. Antena ini dibuat dengan biaya yang relatif murah dan mudah sehingga waktu pembuatannya singkat.Kata Kunci : unidireksional, gain, linier, bandwith, elips.ABSTRACT: The growth of communication technology in modern world is going faster and immeasurable, so a lot of new technology standard emerging progressively and more sophisticated. Antenna take an important thing in telecommunication growth especially in radio communication. On this case, antenna is a device directly connected with transmission media, which have some usefulness. Antenna have function to change the guided wave that passed through transmission line to propagation space.
In this final project had been realized unloaded Vee antenna which has some specification, they are operation frequency 300 MHz-3000MHz under VSWR ≤ 2.0, 50 Ω coaxial impedance, unidirectional, expected gain is ≥ 5.0 dBi, and linear polarization.
To know antenna’s performance whether suit with the specification, we have to measure. In realizing this antenna, had found bandwidth up to 72.6% at 761 MHz-2721.63 MHz under VSWR ≤ 2.0. While, its gain up to 6.809 dBi at 1650 MHz. Radiation pattern measured is unidirectional and it’s polarization in form of ellipse.
Measured result of Unloaded Vee antenna was fit closely with technique specifications. This antenna can be made cheaply and easily and quickly.Keyword: unidirectional, gain, linear, bandwidth, ellipse.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

RANCANG BANGUN ANTENA VEE TANPA BEBAN PADA FREKUENSI 300 MHz - 3000 MHz VSWR 2:1
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HANAFI
Perorangan
Soetamso, TEHA TEARALANGI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini