PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI PADA VOIP

Raden Andi Nurseto Ashadi

Informasi Dasar

111078106
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Steganografi merupakan salah satu teknik enkripsi alternatif saat ini.Steganografi menyembunyikan pesan di dalam pesan lain yang bisa berupa teks, gambar, dan sebagainya. Karena biasanya manusia kurang peka dengan pesan yang tidak berbentuk teks yang mudah terlihat, steganografi menjadi jarang terdeteksi.
Steganografi digital menggunakan beragam media digital untuk menyembunyikan pesan. Media tersebut bisa berupa gambar, audio, atau video. Teknik penyembunyian pesan yang digunakan juga beragam. Saat ini telah banyak pendekatan untuk mendeteksi steganografi pada gambar digital. Namun, masih sedikit metode yang dipublikasi untuk mendeteksi steganografi pada data suara, padahal teknologi pengiriman data suara telah banyak yang dilengkapi dengan field untuk steganografi, salah satunya VoIP.
Pada tugas akhir ini akan diimplementasikan penerapan steganografi pada VoIP. VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan salah satu media untuk berkirim pesan berbentuk suara dimana protokol yang digunakan RTP (Real time Protocol). VoIP mengirimkan data berupa suara menggunakan paket-paket IP. Apabila suara yang berupa paket-paket IP tersebut „dicuri‟ di tengah jalan, pencurinya akan segera mengetahui isinya. Untuk mengatasi hal tersebut, VoIP dilengkapi dengan field untuk steganografi. Field tersebut akan digunakan sebagai covert channel, dimana pesan rahasia dapat dialirkan secara tersembunyi. Selain itu dapat diterapkan juga metode least significant bits (LSB) pada data suara yang akan dikirimkan melalui VoIP.
Selain itu, pada tugas akhir ini telah dilakukan analisa pada performansi kinerja Steganografi pada VoIP, mengenai kualitas suara terhadap data yang disisipi dan sebelum disisipi, yang mana delay dari Steganografi VoIP 0.173282344 ms dan VoIP 0.016009571 ms masih dalam standar ITU-T dengan kualitas MOS baik. Pengujian ekstraksi pesan yang diterima oleh server dan client dapat terealisasi dengan baik, dan dapat berkomunikasi secara fullduplex. Untuk Pengujian keamanan dilakukan Man in the middle attack, secara implementasi akan sulit untuk melakukan dekripsi pada steganografi VoIP untuk pihak penyerang karena data pesan berupa biner dan disisipi di payload RTP.
Kata Kunci : : Steganografi, covert channel, VoIP,Kriptografi, RTPABSTRACT: Steganography is one of the alternative encryption techniques currently.Steganografi hide messages in other messages that can include text, images, and so on. Because humans are less sensitive to messages that do not form visible text, steganografi is rarely to detected.
Digital Steganography using a variety of digital media to hide the message. These media can be an image, audio, or video.Hiding messages techniques used is varyous. In this time many approaches to detect steganography on digital images. However, still few published methods for detecting steganography on sound data, where voice data transmission technology has been equipped with a field to steganography,one of them is VoIP.
In this final task had been implemented a VoIP application steganography. VoIP (Voice over Internet Protocol) is one of the media to send the voice messaging where used protocol RTP (Real-time Protocol). VoIP sends a sound data using IP packets. If the sound in the form of IP packets are 'stolen' in the middle of the road, the thief will soon know it. To overcome this, VoIP is equipped with a field to steganography. Field will be used as a covert channel, which secret message can be streamed covertly. In addition the method can be applied least significant bits (LSB) on the voice data which will be sent viaVoIP.
In addition, at the end of this task has been done on performance analysis of VoIP performance Steganography, the sound quality of the data inserted and before inserted, which Steganography sound quality of VoIP is still in ITU-T standard with good quality MOS.
In addition, at the end of this task has been done on performance analysis of VoIP performance Steganografi, the sound quality of the data inserted and before inserted, which Steganografi delay of VoIP 0.173282344 ms and VoIP 0.016009571 ms is still in ITU-T standard with good quality MOS . Extraction test messages received by the server and client can be realized with both, and can communicate fullduplex. For security testing conducted Man in the middle attack, in the implementation will be difficult to decryption on VoIP steganografi attackers due to the form of binary message data and inserted in the RTP payload.
Keyword: Steganography, Covert Channel,VoIP,Crypthography, RTP

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI PADA VOIP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Raden Andi Nurseto Ashadi
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini