KINERJA PERMUTASI TILE MIMO-OFDMA PADA KANAL RAYLEIGH

Ahmad Supriyono

Informasi Dasar

111078089
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) merupakan metode akses jamak dimana setiap pengguna menduduki satu atau grup subcarrier. Akan tetapi total kecepatan yang diperoleh tidak berbanding lurus dengan bertambahnya pengguna. Hal ini dikarenakan jarak dan pengaruh multipath yang dialami berbeda untuk setiap pengguna ketika berusaha mengirimkan sinyal ke base station terutama pada keadaan pengguna bergerak yang akan mengalami fast fading.

Dikarenakan alasan tersebut dan kebutuhan akan akses data berkecepatan tinggi dengan keadaan pengguna yang bergerak, maka muncul ide menambahkan teknik permutasi tile pada MIMO-OFDMA agar diperoleh peningkatan kinerja. Akan tetapi pada kenyataannya menperoleh kinerja tersebut dihadapkan pada variasi kanal multipath, terutama pada keadaan fast fading, sehingga kehandalan yang diperoleh juga mengalami fluktuasi. Pada tugas akhir ini dilakukan simulasi dengan menggunakan MATLAB untuk mendapatkan gambaran kinerja sistem.

Hasil simulasi menunjukan bahwa kinerja sistem dipengaruhi oleh beberapa paremeter simulasi yaitu teknik modulasi, rate pengkodean, dan bentuk tile yang dipilih. Kinerja sistem yang terbaik ditunjukan oleh sistem dengan teknik modulasi QPSK, rate pengkodean ½ dan tile 3×4 pada kecepatan pergerakan 0 km/jam dengan nilai BER 10-5 pada SNR 12dB. Tile 3×4 menunjukan BER lebih baik daripada 3×3 pada modulasi QPSK dan rate pengkodean ½ mencapai BER 10-5 pada SNR 13dB. Kinerja akan menurun seiring dengan peningkatan kecepatan pergerakan pengguna.Kata Kunci : MIMO-OFDMA, kanal AWGN dan Rayleigh, kode Alamouti dan Konvolusi, OFDMA 2048 FFT, blok Interleaver, Fast FadingABSTRACT: Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) is multiple access technology which every user used one or multi-subcarrier. However sum-rate that can be establishes is not linear as user increasing. It’s happened because the distance and multipath influence differently to each user when signals transmitted to base station, especially for moving user.

From that reasons and mobile high speed data access needs, we have an idea to combine permutations method in MIMO-OFDMA to increase the performance. However in practice it will face multipath channel variant especially fast fading conditions to achieved it, so performance will also fluctuating. In this script simulated using MATLAB to show performance of system.

Simulation result shown that performance will influence by modulation technique, code rate and also tile type that were chosen. The best performances shown in system which chose QPSK modulation, code rate ½ and tile 3×4 at movement speed of user 0 km/h, it achieved BER 10-5 at SNR 12 dB. Tile 3×4 show better BER than tile 3×3 with QPSK modulation, it is achieved 10-5 at SNR 13 dB. Performance will decrease by increasing user movement speed.Keyword: MIMO-OFDMA, AWGN and Rayleigh channel, Alamouti and Convolution code, OFDMA 2048 FFT, Interleaver block, Fast Fading

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

KINERJA PERMUTASI TILE MIMO-OFDMA PADA KANAL RAYLEIGH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ahmad Supriyono
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Yudha Putra.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini