Realisasi Sistem Layanan Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan Transmisi Radio Transceiver Pada Bagian Kasir

Riza M Taufiq

Informasi Dasar

111078087
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada umumnya sistem pemesanan makanan yang ada selama ini masih bersifat konvensional dengan menggunakan jasa pelayan untuk memesan menu makanan yang tersedia di suatu restoran. Masalah yang ditimbulkan adalah pengunjung harus menunggu terlalu lama untuk memesan makanan yang diinginkan apabila jumlah pengunjung lebih banyak daripada jumlah pelayan. Oleh karena itu dibutuhkan sistem pendukung yang handal dalam menunjang suatu restoran dapat berjalan efektif dan efisien
Pada tugas akhir ini telah direalisasikan suatu sistem layanan pemesanan makanan dengan menggunakan transmisi radio transceiver. Sistem ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian pelanggan yang berfungsi untuk mengirimkan informasi pesanan makanan dari pelanggan kepada kasir dan bagian kasir yang berfungsi untuk menerima dan memproses data yang dikirim oleh pelanggan melalui radio transceiver sebagai media transmisi dan ditampilkan pada komputer menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic. Perangkat keras yang direalisasikan adalah modem FSK dengan baud rate 1200 bps menggunakan IC TCM3105.
Selain itu, pada tugas akhir ini telah dilakukan analisa pada performansi kinerja alat, mengenai pengaruh noise terhadap data yang diterima maupun dikirm pada bagian kasir sehingga data masih bisa diproses dengan baik.Kata Kunci : Radio Transceiver, Modem, Visual Basic, Restoran.ABSTRACT: Generally food order service that used all this time is conventional using waiter service to order food menu at a restaurant. Problem that will appear is the customer have to wait for a long time to order food that they wanted, if number of customers more than number of waiter. Therefore, a reliable support system at the restaurant is needed to make more effective and efficient.
In this final project had been realized a food order service with radio tranceiver transmition. This system consist of two part, they are customer part and cashier part. A customer part functioned to transmit food order information’s from customer to cashier. A cashier part functioned to receive and proces data that transmitted by customer via radio tranceiver as media transmition, then display that data to the computer use Microsoft Visual Basic software. Hardware that realized was FSK modem with baud rate 1200 bps using IC TCM3105.
This final project had been analyzed about device performance, noise influence to data information at cashier part, so that data can be processed well.
Keyword: Radio Transceiver, Modem, Visual Basic, Restaurant.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Realisasi Sistem Layanan Pemesanan Makanan dan Minuman Menggunakan Transmisi Radio Transceiver Pada Bagian Kasir
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riza M Taufiq
Perorangan
M. Ramdhani, Arfianto Fahmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini