ANALISIS PERGERAKAN USER TERHADAP KUALITAS SUARA PADA TEKNOLOGI WIMAX IEEE 802.16e

ARIS HARTAMAN

Informasi Dasar

111078076
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: WiMAX IEEE 802.16e merupakan non-line of sight (NLOS) Broadband Wireless Access (BWA) yang dikeluarkan oleh WiMAX Forum yang dikembangkan berdasarkan standar IEEE 802.16. Teknologi ini mampu diimplementasikan untuk mobile wireless access yang dapat memenuhi kebutuhan layanan data dengan bandwidth yang cukup besar 20 MHz, coverage yang luas 50 km, dengan bitrate yang tinggi 75 Mbps. Pergerakan user/mobile station akan mempengaruhi kualitas layanan suara pada jaringan WiMAX IEEE 802.16e yaitu akan terjadinya efek doppler spread yang mengakibatkan perubahan frekuensi terhadap mobile station yang bergerak.
Penelitian mengenai pengaruh pergerakan user/mobile station terhadap kualitas layanan suara pada jaringan WiMAX IEEE 802.16e ini dilakukan dengan cara membuat simulasi sistem transmisi WiMAX 802.16e yang dilewatkan pada kanal yang bersifat multipath fading karena bersifat komunikasi non-line of Sight (NLOS) dengan cara terdistribusi rayleigh dan noise AWGN dengan pemodelan kanal propagasi SUI (Stanford University Interim). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan parameter kecepatan user/mobile station yang disimulasikan mulai 0 km/jam (user statis), < 15km/jam (user berjalan kaki), 16-50 km/jam (user berkendaraan sedang), sampai dengan 51-120 km/jam (user kecepatan tinggi).
Pada penelitian ini didapatkan bahwa jumlah fading semakin meningkat seiring meningkatnya kecepatan user, jenis modulasi yang digunakan sangat berpengaruh terhadap nilai Eb/No yang dibutuhkan. Kebutuhan Eb/No akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pergerakan user. Pada saat BER bernilai 10-3 untuk modulasi BPSK sampai dengan kecepatan user diatas 50 km/jam sinyal yang diterima masih cukup baik dengan nilai Eb/No dibawah 12 dB, sementara untuk QPSK kecepatan maksimal user adalah dibawah 50 km/jam, dan 8PSK kecepatan user dibawah 30 km/jam. Jumlah subcarrier dan rate encoder yang digunakan berpengaruh terhadap nilai Eb/No yang dibutuhkan. Pada subcarrier yang besar akan mempersulit dalam proses sinkronisasi di penerima, sementara pada coding rate rendah nilai Eb/No kecil.
Kata Kunci : Wimax, BER, FER, Eb/No, ModulasiABSTRACT: Wimax IEEE 802.16e is non-line of sight (NLOS) Broadband Wireless Access (BWA) which WiMAX forum product that can incresead with IEEE 802.16 standard. This technology can used for mobile wireless access implementation for date services with wide bandwidth about 20 MHz, with coverage area about 50 km, and high bitrate 75 Mbps. The movement of user will cause sound service quality on Wimax IEEE 802.16e network are Doppler spread which creates miss-match frequency between transmitter and the moving mobile station.
The research about effect of user movement to sound service quality on Wimax IEEE 802.16e network. It is done toward Wimax IEEE 802.16e transmission system simulation passed through non line of sight multipath fading channel with rayleigh distribution and AWGN. This research used user velocity movement parameters from 0 km/hour, <15 km/hour, 16-50 km/hour, to 51-120 km/hour.
The research output are the mount of fading is increasing both of the user movement. Modulation system can effect of Eb/No needed. When BER about 10-3 for BPSK modulation, the velocity of user movement up to 50 km/hour, good signal received by system and Eb/No under 12 dB. While for QPSK modulation, the velocity of user movement maximal under 50 km/hour. And then for 8PSK modulation under 30 km/hour. So, BPSK modulation is appropriate to be used in Wimax IEEE 802.16e system. The mount of subcarrier and rate encoder, can effect to increased of Eb/No too.
Keyword: Wimax, BER, FER, Eb/No, Modulation, SNR

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERGERAKAN USER TERHADAP KUALITAS SUARA PADA TEKNOLOGI WIMAX IEEE 802.16e
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIS HARTAMAN
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Budi Prasetya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini