Rancang Bangun Antena Omnidirektional Caturcula Segitiga 0,3 GHz - 3,0 GHz Catuan Monopol SMA

Gusti Ayu Dewi Novianti

Informasi Dasar

111078060
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi sangat cepat dengan karakteristik memiliki kecepatan tinggi dan dengan layanan yang tidak hanya layanan suara tapi juga multimedia yang dapat diakses secara nirkabel dan bergerak. Salah satu bagian yang berperan besar yaitu perangkat antena.
Untuk dapat memenuhi perkembangan layanan saat ini dibutuhkan antena yang dapat digunakan untuk berbagai macam teknologi, maka dibuatlah antena caturcula strip kembar segitiga.
Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan pembuatan Antena Omnidirektional caturcula-Strip kembar–segitiga dengan VSWR ≤ 1,5 pada wilayah frekuensi 0,3 GHz-3,0 GHz bercatuan monokonik dan memiliki polarisasi linier. Dalam realisasi tugas akhir ini diperoleh bandwidth sebesar 2229,81 MHz atau 86,38% pada range frekuensi 763-2993 MHz dalam batasan VSWR ≤ 1,5. sedangkan gain yang didapat dari hasil pengukuran sudah mencapai 8,67 dBi pada frekuensi 1650 MHz. Polaradiasi yang dihasilkan omnidireksional dan polarisasinya adalah elips. Untuk mendapatkan bandwidth yang lebih lebar dengan memisahkan strip antara monokonik dari 2,0 mm menjadi 1,0 mm dan tinggi monokonik diubah dari 3,0 cm menjadi 5,0 cm.
Kata Kunci : Caturcula Segitiga, Bandwidth LebarABSTRACT: The development of communications technology is very fast with characteristic is high-speed and with service that is is not only service voice but also multimedia which can be accessed in nirkabel and mobile. One part that very important is antenna.
To be able the development of service now is required antenna, which can cover everything kinds of technologies,so, antenna triangular twin stripline caturcula is created.
In this final project will be done making of Antenna triangular-twin striplinecaturcula omnidirectional with VSWR ≤ 1,5 at range frequency 0,3 GHz-3,0 GHZ using monoconic feed and has polarization of linear. In realization of this final project obtained bandwidth 2229,81 MHZ or 86,38% at range frequency 763-2993 MHZ with VSWR ≤ 1,5. The gain obtained from the measurement results is 8,67 dBi at frequency 1650 MHz. The radiation pattern is omnidirectional and the polarization is ellipse. To get wide bandwidth slice strips between monoconic from 2,0mm to 1,0mm and height monoconic should be changed from 3.0 cm to 5.0cm.
Keyword: Triangle Caturcula, Wide Bandwidth

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Rancang Bangun Antena Omnidirektional Caturcula Segitiga 0,3 GHz - 3,0 GHz Catuan Monopol SMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gusti Ayu Dewi Novianti
Perorangan
Soetamso, Bambang Setia Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini