Analisis QoS Jaringan Ad Hoc Menggunakan TORA

Mukminatun Ardaisi

Informasi Dasar

111078059
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan ad hoc adalah kumpulan dari beberapa mobile host yang membentuk suatu jaringan yang bersifat sementara tanpa ada infastruktur dan administrasi terpusat dengan karakteristik topologi yang dinamis. Setiap node dalam jaringan dapat berperan sebagai host dan router dan harus dapat memforward paket menuju node lainnya. Untuk tujuan seperti itu, suatu protokol routing diperlukan.
Quality of service (QoS) pada jaringan ad hoc dipengaruhi oleh kinerja protokol routing. Dengan topologi dinamis sebagai karakteristik dasar pada jaringan ini menimbulkan masalah dalam hal routing. Hal ini disebabkan karena pada topologi yang mudah berubah atau pada jaringan dengan mobilitas tinggi akan menyebabkan komputasi yang besar pada setip node dalam hal penyimpanan (storage), konsumsi memori, pemrosesan data oleh CPU, dan konsumsi daya. TORA (Temporally Ordered Routing Algorithm) merupakan salah satu jenis protocol routing pada jaringan ad hoc yang memiliki multiple route dimana pengiriman data dilakukan melalui rute yang berbeda dari pengirim ke penerima. Protokol ini memiliki performansi yang baik ketika mobilitas tinggi dan jaringan bertambah besar. Pada tugas akhir ini akan disimulasikan dan dianalisa efek dari penggunaan protokol TORA dalam merutekan paket – paket data dengan parameter performansi throughput, delay, packet delivery ratio dan routing overhead.
Pada penelitian penulis didapat bahwa Throughput dan Packet Delivery Ratio (PDR) menggunakan protocol routing TORA semakin meningkat ketika jumlah node bertambah besar. Troughput terbesar didapat oleh trafik CBR dibandingkan trafik Pareto dan Eksponensial. Walaupun begitu delay trafik CBR lebih besar daripada trafik Eksponensial dan Pareto terutama pada saat kecepatan tinggi (5 m/s, 20 m/s). Sedangkan untuk PDR terbesar didapat oleh trafik Eksponensial dibandingkan kedua trafik lain.Kata Kunci : TORA, QoS, Ad HocABSTRACT: An ad hoc network is a collection of wireless mobile host forming a temporary network without the aid of any established infrastructure or centralized administration that has dynamic topologies characteristics. Every node in network can be act as a host and router forwarding the packet to the other node. That’s why needed routing protocol.
Ad hoc network Qos (Quality of service) is affected by routing protocol works. With dynamic topology as the basic of this network made a problem at routing. This happened because the topology easily change with higher mobility will cause more computation at every node for storage, memory consume, CPU processing, and power consume. TORA (Temporally Ordered Routing Algorithm) is one of ad hoc routing protocol which has multiple route so the data packet can be send through the different path from the source to the destination. It has good performance when higher mobility and the network become large. This final project simulates and analyze the effect of TORA to route the data packet with performance parameter throughput, delay, packet delivery ratio and route overhead.
The result show that Throughput and Packet Delivery Ratio (PDR) increase when the mount of node bigger when using TORA protocol. The biggest throughput is got by CBR traffic rather than Exponential and Pareto traffic when speed become high (5 m/s, 20 m/s). The biggest Packet Delivery Ratio (PDR) got by Exponential traffic rather than two other types.Keyword: TORA, QoS, Ad Hoc

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis QoS Jaringan Ad Hoc Menggunakan TORA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mukminatun Ardaisi
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Sony Sumaryo.Ir.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini