OPTIMASI JARINGAN CDMA 2000 1X STUDI KASUS TELKOM FLEXI BANDUNG

Tyas Prayudi Hutama

Informasi Dasar

111078034
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan akan layanan yang praktis, fleksibel, mudah, dan murah mendorong pesatnya pertumbuhan bisnis di bidang telekomunikasi. Ditambah dengan hadirnya teknologi CDMA (Code Division Multiple Access) dalam beberapa tahun terakhir, membuka peluang bagi operator-operator baru untuk memperoleh pelanggan sebanyak mungkin. Namun disamping itu, kepuasan pelanggan merupakan salah satu aspek utama dalam penyediaan jasa telekomunikasi. Untuk dapat melayani pelanggan dengan baik maka dibutuhkan jaringan yang mempunyai kinerja yang baik, untuk itu perlu dilakukan optimasi pada jaringan tersebut, baik secara kualitas maupun kapasitas dari suatu Base Transceiver station (BTS) sebagai interface baik untuk transmit maupun receive antara Mobile Seluler (MS) dan Base Station Controller (BSC), sehingga dapat mengurangi call drop dan blocking serta meningkatkan call success.
Tugas akhir ini membahas optimasi jaringan CDMA 2000-1x. Optimasi jaringan akan dilakukan berdasarkan analisis data hasil pengukuran drivetest, adapun data yang akan dianalisis meliputi Ec/Io, FER, FFER, call drop, call succes, handoff dan blocking, Untuk membantu menganalisa data trafik dan data pengukuran tersebut maka akan digunakan software post processing tools, software ini akan membantu engineer dalam melihat dan mengolah data, sehingga dapat dianalisis dengan baik.
Pada pengukuran yang telah dilakukan untuk nilai rata-rata MRP, MTP, FER, dan Ec/Io telah menunjukkan hasil yang baik yaitu diatas 70%. Hasil ini menunjukkan kinerja jaringan Telkom Flexi untuk daerah Bandung berada pada kondisi yang baik. Namun dari kondisi tersebut belum sepenuhnya mewakili kinerja keseluruhan sistem, terbukti dengan persentase Dropped Call Rate sebesar 12,5% dan Call Setup Success Rate sebesar 87,5%.Kata Kunci : Drop Call, Call SuccessABSTRACT: Practice, Flexible, Easy, and cheap service needed, make Telecommunication business grow fastly. With raising CDMA technology in latest year, make a chance for new operator to obtain much customer. But, customer satisfaction still in main of giving telecommunication service. In use for serve customer well, operator need a useful performance network whitin quality and capacity of a BTS that use for transmit or receive interface between MS and BSC, so it can decrease the number of call drop and blocking as well as increase the call success
This Final research will discuss the optimization of CDMA 2000-1x. Network optimazation based on drivetest measurement results analysis. The data that will be analyzed are Ec/Io, FER, FFER, call drop, call succes, handoff dan blocking. Software post processing tools is used to analyze trafic data and measurement data. This software help engineer in observing and procesing the data, so the data can be analyzed well.
Based on measuring results, means of MRP, MTP, FER, and Ec/Io shown good results more than 70%. This result shown good performance of Telkom Flexi network for Bandung area. But, from this condition not yet represent all of system work, it’s proved by the percentage of dropped call rate is 12,5% and call setup success rate is 87,5%,.Keyword: Drop Call, Call Success

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

OPTIMASI JARINGAN CDMA 2000 1X STUDI KASUS TELKOM FLEXI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tyas Prayudi Hutama
Perorangan
A. Ali Muayyadi, Agus Ganda Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini