Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Matlab Untuk Memprediksi Kinerja Antena Dwicula Strip Kembar Unidireksional

Ratna M S

Informasi Dasar

111078033
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penelitian eksperimental pembuatan antena pita lebar untuk membuktikan hipotesis bahwa antena adalah penyepadan impedansi ruang propagasi dengan saluran radio, telah membuktikan hal itu benar. Ini menghasilkan berbagai antena gelombang berjalan dari jenis saluran gelombang transversal yang tanpa beban, bukan seperti beverage yang berbeban resistor.
Sifat-sifat yang menunjukkan kinerja antena pada dasarnya dapat diwakilkan oleh salah satu karakteristik antena yang disebut Pola Rapat Daya. Pola rapat daya menggambarkan pola pancar dari suatu antena. Hal ini dapat dijadikan dasar dalam membuat antena multicabang, baik unidireksional maupun omnidireksional berpita lebar dalam wilayah VSWR ≤ 2,0.
Pada tugas akhir ini telah dibuat rumusan matematis sebagai formula untuk menggambarkan pola rapat daya dari antena dwicula strip kembar unidireksional. Formula ini kemudian digunakan sebagai acuan bagi perangkat lunak yang telah dibuat. Keluarannya menunjukkan bahwa antena dwicula mempunyai pola rapat daya unidireksional dengan mengatur sudut antara dua elementer dwitunggal. Untuk antena dwicula dengan pola rapat daya unidireksional, sudut pengaturan antara dua elementer dwitunggal tidak boleh mecapai 1800. Penguatan yang diperoleh pun semakin baik dengan memperkecil sudut pengaturan antara dua elementer dwitunggal.
Kata Kunci : unidireksional, pola rapat dayaABSTRACT: Experimental researches about making wideband antennas to prove the hypotesis that says that antena is a matching device between free space and transmission line, has just proved it right. It then, causes several transversal wave antennas without load, unlike resistif loaded beverage.

Here some empiric is made as the formula to plot radiatuion pattern of unidirectional dwicula antennas. It is used as the ace of the software made. The output shows that dwicula antenna has the unidirectional radiation pattern, by setting the angle between the two dwitunggal elements. It must be less than 1800. And gain is great as well, by ensmalling the angle.
Keyword: unidirectonal, poynting vector

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Matlab Untuk Memprediksi Kinerja Antena Dwicula Strip Kembar Unidireksional
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ratna M S
Perorangan
Soetamso, Suprayogi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini