Perancangan Dan Realisasi Antena Array Mikrostrip Patch Rektangular Pada Frekuensi 2300-2400 MHz

I Gede Eka Irawan

Informasi Dasar

111078020
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi di dunia modern semakin cepat dan beragam. Salah satunya adalah teknologi WiMAX. Pada teknologi WIMAX, antena berperan penting dalam penerimaan dan pengiriman informasi yaitu sebagai transformator gelombang elektromagnetik yang dilewatkan pada saluran transmisi dari dan menuju ruang bebas.
Pada Tugas Akhir ini, dirancang dan direalisasikan antena array mikrostrip patch rektangular pada frekuensi 2300 MHz – 2400 MHz untuk mendukung teknologi WiMAX, dengan menghitung dimensi antena secara teori dan kemudian menggunakan software Ansoft HFSS 9.2 sebagai alat simulasi sebelum melakukan pabrikasi. Pada simulasi, dilakukan perancangan ukuran dimensi patch antena untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan spesifikasi rancangan antena, mengubah-ubah ukuran stripline yang berfungsi sebagai saluran transmisi sesuai dengan teori, dan menggunakan penyepadan trafo λ/4. Hasil simulasi yang diperoleh, diimplementasikan dengan menggunakan bahan, yaitu PCB dengan ketebalan substrat 1,6 mm. Gain yang ingin dicapai dalam Tugas Akhir ini adalah lebih dari 10 dBi.Kata Kunci : Antena mikrostrip , rektangular, dan WiMAXABSTRACT: The communication technology development in modern wold grows faster and more various. One of them is WiMAX technology.Here in WiMAX, antenna has an important role in information receiver and transmitter as electromagnetic wave transformator whic is got through transmission channel from and to free area.
At this final project, rectangular patch microstrip array antenna is design at frequency 2300-2400MHz, to support WiMAX technology by counting arean dimension and using Ansoft HFSS 9.2 software as a simulation tool before doing the pabrication.In this simulation, carried out dimensional design of patch antenna in accordance specification of antenna design, beside that change the size of stripline based in theory where the function is transmission lines, and matching impedance using transformator λ/4 . The simulation result is implemented by using material, which is PCB with 1,66 of thickness. The Expecting gain in this final project more than 10 dBi. Keyword: Microstrip antenna, rectangular , and WiMAXKeyword: Microstrip antenna, rectangular , and WiMAX

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan Dan Realisasi Antena Array Mikrostrip Patch Rektangular Pada Frekuensi 2300-2400 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Gede Eka Irawan
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini