PENGENALAN CITRA MOBIL MENGGUNAKAN METODE WAVELET DAN JARINGAN SARAF TIRUAN RADIAL BASIS FUNCTION

A . TENRI PAKKUA

Informasi Dasar

111078019
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Untuk mendapatkan suatu otomatisasi pada sistem informasi mengenai identifikasi jenis dan jumlah kendaraan roda empat dapat dilakukan dengan perekaman beberapa sample jenis kendaraan roda empat tertentu sebagai subsistem dari sistem monitoring pengidentifikasian jenis mobil dengan metode pengolahan citra digital. Dari monitoring ini diharapkan akan memperoleh informasi jenis mobil yang paling banyak diminati oleh konsumen di suatu kota tertentu .
Pada tugas akhir ini dilakukan studi penerapan teknologi pengolahan citra digital dalam mengelola informasi dalam bentuk gambar dalam hal ini adalah jenis mobil dalam kaitannya dengan mengenali jenis mobil yang diinginkan khususnya city car. Proses yang dilakukan untuk identifikasi citra mobil adalah akuisisi data, pengolahan awal, ekstraksi ciri dan identifikasi jenis. Algoritma yang digunakan untuk ekstraksi ciri citra mobil adalah tapis Gabor Wavelet sedangkan untuk identifikasi dari citra mobil yang akan digunakan adalah Jaringan Saraf Tiruan Radial Basis Function (RBF).
Hasil yang ingin ditampilkan adalah bagaimana suatu sistem dapat mengenali dan membandingkan jenis mobil dan dapat menghitung jumlah jenis mobil yang sama sehingga diperoleh jumlah sampel maksimum dari jenis mobil pada rentang waktu monitoring yang telah ditentukan.
Performansi secara keseluruhan yaitu akurasi sekitar 65,71 % atau dengan kata lain error yang terjadi adalah sekitar 34,29 %. Dengan performansi seperti ini, dapat disimpulkan bahwa sistem dapat melakukan pengidentifikasian jenis mobil secara baik.Kata Kunci : Pengolahan Citra, Jaringan Saraf Tiruan Radial Basis Function, City Car, Gabor Wavelet FilterABSTRACT: To get the otomatitation in system information about identifying kind and amount of vehicles can do with recording some of sample from them as subsystems from monitoring identification system kind of car with diskrit image processing method. From this monitoring will get the information about kind of car that consumen likely in one city.
In this final report use the diskrit image processing to process the image information in this case is car with it’s relationship to identified kind of car that we want especially “city car”. Process to identifiying image of car include the data accuitition, the first processing, characteristic extraction and identifying of sort. Algorithm filter Gabor Wavelet used to extraction characteristic and Radial Basis Function (RBF) to identifying of sort from car image.
The result to display how the system can intoduce and compare kind of car and count the quantity from the same car until we get the maximum number from sample of car in spesific monitoring time.
Performances from system has accuration about 65,71 % or the orther hand the error system about 34,29 %. With this, can conclude that system can do the identification kind of car well.Keyword: Image Processing, Radial Basis Function, City Car, Gabor Wavelet Filter

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PENGENALAN CITRA MOBIL MENGGUNAKAN METODE WAVELET DAN JARINGAN SARAF TIRUAN RADIAL BASIS FUNCTION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

A . TENRI PAKKUA
Perorangan
Achmad Rizal, Rita Magdalena
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini