ANALISIS PERFORMANSI MANAJEMEN ANTRIAN SRED, FRED DAN BLUE PADA JARINGAN IP

Mohammad Imron

Informasi Dasar

111078001
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan kemajuan era komunikasi global, teknologi komunikasi berbasis IP berkembang dengan begitu cepatnya. Internet merupakan teknologi berbasis IP yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket . Seiring dengan perkembangan tersebut, jumlah pengguna layanan Internet pun semakin bertambah yang berarti tingkat trafik akan semakin tinggi. Permintaan akan bandwidth akan semakin besar dan dapat pula melebihi kapasitas link yang tersedia. Hal ini dapat menimbulkan kongesti pada jaringan. Untuk mengurangi tingkat kongesti ini dapat dilakukan manajemen antrian pada paket – paket informasi yang dikirimkan.
Active Queue Management (AQM) sebagai salah satu jenis manajemen antrian untuk menangani kongesti di router dapat memberikan sinyal kongesti lebih awal sebelum terjadinya kongesti sehingga source bisa bereaksi lebih cepat terhadap feedback dari jaringan. Tipe manajemen antrian seperti RED (Random early Drop) yang juga merupakan kategori AQM performansinya menurun seiring dengan bertambahnya jumlah user. Untuk itu dikembangkan variansi dari RED yaitu SRED (Stabilized RED), FRED (Flow RED) dan BLUE. AQM BLUE contohnya, tipe AQM ini memperbaiki metoda yang digunakan oleh RED dengan cara tidak hanya memperhitungkan panjang antrian sebagai metode manajemen, tetapi juga memperhitungkan tingkat utilisasi link dan loss packet. Pada Tugas Akhir ini akan dibuat simulasi serta dibandingkan beberapa manajemen antrian seperti SRED (Stabilized RED), FRED (Flow RED) dan BLUE pada jaringan IP untuk jenis trafik Internet seperti voice (VoIP), video(CBR), FTP, web dan VBR. Parameter – parameter penentu untuk menguji performansi dari manajemen antrian yaitu delay, throughput, packet loss dan indeks fairness. Simulasi mempergunakan Network Simulator-2 (NS-2) yang mempunyai sifat open source agar segala kejadian dalam simulasi dapat diteliti dan diamati.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa BLUE memiliki nilai troughput yang lebih besar di bandingkan kedua mekanisme antrian lain. Tetapi hal ini berakibat pada delay antrian dan end-to-end delay yang besar.Kata Kunci : AQM, SRED, FRED, BLUEABSTRACT: Growths of communications technology especially at computer network have been increased. Internet is a packet-based-technology which can carry data, voice and video traffic in a packet form. Nowadays, many users get the internet access. It means that traffic intensity becomes high. The demand of bandwidth become larger and could exceed link capacity. This can cause network congestion. Therefore, Internet Engineering Task Force (IETF) developing Active Queue Management (AQM) technique was called Random Early Detection (RED).
RED as one of AQM not well performs when the amount of user increase. To overcome these problems, many variants of AQM developed to handle the congestion. There are SRED (Stabilized RED), FRED (Flow RED) Dan BLUE. BLUE as one of AQM fix the algorithm which RED used by not only count queue length as its method, but also notice link utilization and loss packet. This final project will compare performance between SRED (Stabilized RED), FRED (Flow RED) Dan BLUE in IP network for Internet traffic like voice (VoIP), video(CBR), FTP, web Dan VBR. This AQM apply at router. To evaluate the performance, we use delay, throughput, loss packet and fairness index. The simulation tool used is Network Simulator (NS-2) which is open source program so all occurrences in simulation can be checked.
The simulation result shows that BLUE best perform in throughput comparing with two queue management, SRED and FRED. Consequently, it causes higher queuing delay and end-to-end delay for the traffic.Keyword: AQM, SRED, FRED, BLUE

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI MANAJEMEN ANTRIAN SRED, FRED DAN BLUE PADA JARINGAN IP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mohammad Imron
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Hafidudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini