DESAIN DAN SIMULASI BACKHAUL WIRELESS LOCAL AREA NETWORK DENGAN MENGGUNAKAN FREE SPACE OPTIK

YOHANES BARESTA

Informasi Dasar

111077336
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi komunikasi nirkabel telah berkembang pesat dalam satu dasawarsa terakhir. Hal ini ditunjukan dengan peningkatan jumlah pelanggan serta banyaknya layanan yang ditawarkan. Untuk memenuhi trend perkembangan yang semakin pesat itu beberapa teknologi transmisi diusung guna mendapatkan kenyamanan dalam berkomunikasi. Free Space Optics (FSO) adalah salah satu teknologi alternatif yang dapat digunakan untuk memenuhi permintaan akan komunikasi data yang semakin besar serta kecepatan akses data yang semakin tinggi.

Pada tugas akhir ini dibahas salah satu penerapan teknologi Free Space Optik pada jaringan backhaul untuk komunikasi nirkabel. Penelitian akan dilakukan dengan cara simulasi dan fokus pada backhaul jaringan WLAN, yaitu antara CBS (Central Base Station) dengan RAP (Radio Access Point). Penelitian akan disimulasikan dengan menggunakan software OptiSystem. Analisa yang dilakukan adalah konfigurasi optimum dari backhaul WLAN yang menggunakan teknologi Free Space Optic dilihat dari hubungan antara jarak CBS dengan RAP serta panjang gelombang yang dipakai pada jaringan backhaul yang menerapkan teknologi FSO.

Dari hasil simulasi dan pengukuran yang telah dilakukan didapatkan perbedaan kualitas pada sistem FSO untuk penggunaan panjang gelombang yang berbeda-beda. Sistem FSO yang menggunakan panjang gelombang 1550 nm memiliki kehandalan yang lebih baik daripada sistem yang menggunakan panjang gelombang 785 nm dan 850 nm. Dimana sistem dengan panjang gelombang 1550 nm dapat digunakan sampai pada kondisi ligth fog dengan redaman di atmosfer karena pengaruh turbulensi, scattering, dan sintilasi mencapai 24,16708921 dB dengan jaminan BER mencapai 10-4.Kata Kunci : FSO, Line of Sight, CBS,RAP, turbulensiABSTRACT: Wireless communication technology has developed rapidly in the past decade. This is evidenced by an increase in the number of subscribers and the many services offered. To meet the increasingly rapid development trend that carried some of transmission technologies in order to find comfort in communicating. Free Space Optics (FSO) is one of the alternative technologies that can be used to meet the demand for greater data communications and data access speeds higher and higher.

In this thesis addressed one of the Free Space Optics technology implementation in backhaul networks for wireless communications. Research will be conducted by means of simulation and focus on the WLAN backhaul network, which is between CBS (Central Base Station) with RAP (Radio Access Point). Research will be simulated using software OptiSystem. Analysis is done is the optimum configuration of the WLAN backhaul using Free Space Optic technology seen from the relationship between distance and CBS with RAP wavelengths used in backhaul networks that implement FSO technology.

From the simulation results and measurements have been performed on the obtained difference in the quality of FSO systems to use different wavelengths differently. FSO system that uses a wavelength of 1550 nm has a better reliability than a system using a wavelength of 785 nm and 850 nm. Where the system with a wavelength of 1550 nm can be used until the fog ligth conditions with damping in the atmosphere due to the influence of turbulence, scattering, and scintillation reach 24.16708921 dB with guarantee BER reaches 10-4.Keyword: FSO, Line of Sight, CBS,RAP, turbulance

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

DESAIN DAN SIMULASI BACKHAUL WIRELESS LOCAL AREA NETWORK DENGAN MENGGUNAKAN FREE SPACE OPTIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOHANES BARESTA
Perorangan
Akhmad Hambali, Tengku Ahmad Riza
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini