Analisis Simulasi Algoritma Handoff Dengan Menggunakan Parameter Time to Trigger (TTT) dan Handoff Margin (HOM) pada Sistem Komunikasi Seluler Long Term Evolution

ABRAM RIMANADY

Informasi Dasar

111071051
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: LTE merupakan evolusi lanjutan dalam standar jaringan bergerak yang ditentukan oleh 3GPP (Third Generation Partnership Project) yang merupakan pengembangan dari generasi ke-3 (3G). Salah satu yang paling penting untuk diperhatikan guna dilakukan penelitian adalah menjaga kelangsungan proses komunikasi suara yang terjadi pada LTE adalah Handoff. Handoff merupakan proses yang penting dalam proses perpindahan komunikasi suara di saat user bergerak di mana terjadi perpindahan kanal trafik dari satu frekuensi ke frekuensi yang lainnya. Proses Handoff memerlukan algoritma Handoff yang sesuai dengan memperhatikan beberapa parameter-parameter tertentu untuk dapat menjaga kualitas komunikasi suara.

Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan, dengan melakukan pengamatan yaitu membuat contoh model handoff yang dianalisis dengan menggunakan persamaan matematis pada parameter Handoff Margin (HOM) dan Time to Trigger (TTT) yang digunakan serta divisualisasikan dalam bentuk simulasi di Software Matlab. Parameter HOM dan TTT dijadikan sebagai keluaran dari setiap simulasi yang dilakukan dengan meletakkan RSRP, kecepatan dan sudut sebagai masukannya. HOM diukur dalam desibel dan didefinisikan sebagai minimum received power atau kualitas antara candidate cell dan serving cell yang diperlukan untuk triggering Handoff. TTT diukur dalam detik dan didefinisikan sebagai waktu minimum kondisi HOM yang harus dipenuhi dari handoff untuk di-trigger.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat proses terjadinya Handoff pada system LTE. Pada simulasi yang dilakukan didapatkan bahwa nilai RSRP minimum dari ENodeB 1 selalu konstan yaitu pada kondisi -96,236 dBm jika diberikan nilai kecepatan yang sama. Nilai TTT terbaik berada pada kondisi RSRP = -98 db, dikarenakan pada kondisi ini nilai TTT paling cepat dan titik kecepatan maksimal berada pada kondisi 464 km/jam serta nilai -60 dan 660 merupakan batas coverage area dari ENodeB pada bentuk sel heksagonal.Kata Kunci : LTE, Handoff, Time to Trigger (TTT), Handoff Margin (HOM)ABSTRACT: LTE is a continuous evolution in mobile network standards defined by 3GPP (Third Generation Partnership Project) which is the development of third generation (3G). One of the most important objects to be investigated to maintain the continuity of the voice communication process that occurs in LTE which is called the handoff. Handoff is an important process in the process of moving voice communications as the user moves while there is a movement of traffic channels from one frequency to another frequency. Handoff process required an appropriate handoff algorithm with respect to some specific parameters in order to maintain the quality of voice communication.

This research was carried out by observing the handoff by making an example model that is analyzed using mathematical equations on the Handoff Margin (HOM) and Time to Trigger (TTT) parameters and visualized in the form of simulation on Handoff Margin (HOM) and Time to Trigger (TTT). TTT and HOM parameters are the outputs of each simulation while RSRP, speed and angle as the inputs. HOM was measured in decibels and defined as the minimum received power or quality between the candidate cell and the serving cell required for triggering Handoff. TTT was measured in seconds and defined as the minimum conditions of HOM from handoff to triggered.

This research has a goal to see Handoff process in LTE systems. In the simulations performed, it was found that the minimum value of RSRP in EnodeB was always constant in -96.236 dBm condition, if given the same speed. The best TTT value was in condition of RSRP = - 98 db, because in these conditions had a value of fastest TTT and maximal velocity point in condition of 464 km/h and the value of -60 and 660 were the limit of coverage area of ENodeB in the form of hexagonal cells.Keyword: LTE, Handoff, Time to Trigger (TTT), Handoff Margin (HOM)

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Simulasi Algoritma Handoff Dengan Menggunakan Parameter Time to Trigger (TTT) dan Handoff Margin (HOM) pada Sistem Komunikasi Seluler Long Term Evolution
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABRAM RIMANADY
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini