Biometrik Telapak tangan menggunkan Transformasi Contourlet dan ALgoritma Genetika

Ruding Pradita

Informasi Dasar

111071037
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Setiap manusia memiliki sesuatu yang dapat dikatakan unik. Keunikan tersebut seperti retina mata atau DNA serta sidik jari. Keunikan yang dimiliki oleh manusia biasa digunakan untuk pengenalan suatu identitas dari manusia itu sendiri yang dapat dikombinasikan dengan pengenalan menggunakan bantuan hardware. Dari beberapa keunikan tersebut, sidik jari atau sidik dari telapak tangan lebih dianggap akurat atas keunikannya karena sidik tersebut langsung melekat pada tubuh manusia. Pengenalan dari telapak tangan seseorang merupakan suatu sistem yang cukup penting sekarang ini. Sistem tersebut memcocokan dan membandingkan biometrik telapak tangan manusia yang di inputkan dengan telapak tangan yang tersimpan dalam suatu database penyimpanan. Oleh karena itu, pembandingan antara biometrik telapak tangan yang di inputkan dengan yang telah disimpan sebelumnya merupakan langkah awal untuk mengklasifikasikan atau mengidentifikasi dari telapak manusia yang satu dengan yang lainnya.

Dalam tugas akhir ini dibangun suatu sistem yang dapat mendeteksi telapak tangan seseorang yang sudah dimasukan ke dalam database dengan cara mengekstraksi ciri melalui proses transformasi contourlet, setelah itu dioptimasi dengan menggunakan algoritma genetika sehingga dapat mengenali telapak tangan orang tersebut dengan benar.

Dalam sistem ini diperoleh tingkat akurasi 97% dengan menggunakan parameter pada algoritma genetika yaitu nilai populasi = 50, generasi = 5, probabilitas crossover = 0.6 dan probabilitas mutasi = 0.6 dengan menggunakan 15 data latih dan 45 data uji sehingga dapat disimpulkan bahwa metode transformasi contourlet dan algoritma genetika dapat digunakan untuk mengidentifikasi telapak tangan manusia karena performansinya yang cukup bagus.Kata Kunci : telapak tangan, contourlet, algoritma genetika.ABSTRACT: Every human being has something that is almost unique. The uniqueness of the eye such as the retina or DNA and fingerprints. Uniqueness of human beings is used for the introduction of an identity of the man himself which can be combined with the introduction of using hardware assistance. Of some of the uniqueness, fingerprints or palm prints of the uniqueness more accurately regarded as the fingerprints directly attached to the human body. The introduction of the palm of one's hand is a system that is quite important now. The system memcocokan and compare biometric palm of the human hand that fed with palms stored in a database storage. Therefore, the comparison between biometric palm of the hand that fed previously saved is the first step to classify or identify of the palm of a human being by another.

In this thesis built a system that can detect a person's palm that has been entered into the database by extracting characteristic through contourlet transformation process, once it is optimized by using a genetic algorithm that can recognize the hand of the person correctly.

In this system obtained 97% accuracy with value of population = 50, generation = 5, probability crossover = 0.6 and probability mutation = 0.6 rate using 15 training data and 45 test data so that it can be concluded that the method of contourlet transform and genetic algorithms can be used to identify a human hand because its performance is quite good.Keyword: palmprint , contourlet , genetic algorithms

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Biometrik Telapak tangan menggunkan Transformasi Contourlet dan ALgoritma Genetika
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ruding Pradita
Perorangan
Bambang Hidayat,DEA, Ari Novianty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini