Perancangan dan Implementasi Antena Susunan Mikrostrip Lingkaran pada Frekuensi (2.4-2.5)GHz dengan Teknik Pencatuan Electromagnetically Coupled (EMC)

Raden Bambang Nugroho Ariyanto

Informasi Dasar

111071022
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada Tugas Akhir ini telah dirancang dan direalisasikan antena susunan mikrostrip lingkaran pada frekuensi 2,4 GHz - 2,5 GHz yang dapat digunakan untuk mendukung teknologi WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Perkembangan teknologi komunikasi mobile wireless semakin cepat dan beragam. Disamping itu, di masa yang akan datang, komunikasi tidak hanya menggunakan layanan suara saja, tetapi mulai memasuki layanan data yang memerlukan bandwidth yang cukup lebar.

WIMAX beroperasi pada frekuensi 2,3 GHz, 2,5 GHz, dan 3,5 GHz. WIMAX merupakan teknologi wireless broadband yang memiliki jangkauan yang jauh dan sesuai untuk transmisi pada daerah rural. Teknologi ini pertama kali dikembangkan pada frekuensi 2,5 GHz (2,50 – 2,69 GHz dan 2,7 – 2,9 GHz) dan 3,5 GHz (3,4 – 3,6 GHz). Langkah awal yang akan dilakukan adalah menghitung dimensi antena dan kemudian menggunakan software Ansoft HFSS 10 sebagai simulator. Hasil simulasi yang diperoleh akan diimplementasikan dengan substrat FR4 Epoxy. Gain yang ingin dicapai dalam tugas akhir ini adalah ≥ 5 dBi. Metode yang digunakan dalam membuat antena mikrostrip ini adalah dengan teknik pencatuan EMC (Electromagnetically Coupled). Dengan menggunakan EMC, radiasi yang tidak diinginkan menjadi lebih sedikit

Prototype dibuat sesuai dengan pemodelan simulasi dan hasil yang didapatkan pada pengukuran frekuensi untuk VSWR ≤ 2, yaitu pada range frekuensi (2,4-2,5) GHz. Kemudian untuk pola radiasi antena adalah uni directional serta polarisasinya berbentuk linear.Kata Kunci : Antena Mikrostrip, WIMAX, EMC, FR4 EpoxyABSTRACT: In this final project has been designed and realized a circular microstrip antenna array which works at a frequency of 2.4 GHz - 2.5 GHz which can be used to support the technology WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). The development of mobile wireless communication technologies more quickly and have a variety of types. In addition, in the future, communication not only use voice services only, but began to enter the data services that require a wide bandwidth.WiMAX operates at a frequency of 2.3 GHz, 2.5 GHz and 3.5 GHz.

WIMAX is a wireless broadband technology that has broad coverage and is suitable for transmission in rural areas. This technology was first developed in the frequency 2.5 GHz (2.50 to 2.69 GHz and 2.7 to 2.9 GHz) and 3.5 GHz (3.4 to 3.6 GHz). The initial steps will be done is to calculate the dimensions of the antenna and then use the software Ansoft HFSS 10 as a simulator. The simulation results obtained will be implemented with Epoxy FR4 substrate. Gain to be achieved in this thesis is ≥ 5 dBi. Rationing techniques used in making this microstrip antenna is by rationing technique EMC (Electromagnetically Coupled). By using the EMC, the unwanted radiation become less.

Prototype made in accordance with simulation modeling and the results obtained in the measurement frequency for VSWR ≤ 2, ie the frequency range (2.4 to 2.5) GHz.Then for the antenna radiation pattern is uni-directional and linear polarization in form.Keyword: Microstrip Antenna, WIMAX, EMC, FR4 Epoxy

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Antena Susunan Mikrostrip Lingkaran pada Frekuensi (2.4-2.5)GHz dengan Teknik Pencatuan Electromagnetically Coupled (EMC)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Raden Bambang Nugroho Ariyanto
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini