PERANCANGAN DAN ANALISIS SISTEM TRANSPOSE NADA MUSIK PADA GITAR SECARA REAL TIME

ESWOLD SIMBOLON

Informasi Dasar

111070318
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Nada adalah bunyi yang beraturan. Seseorang yang memainkan alat musik biasanya berpatokan dari nada dasar yang akan dimainkan, contohnya nada dasar C=do berarti seseorang memainkan nada yang berpatokan pada oktaf nada C. Namun dalam perkembangannya, seseorang dapat menaikkan atau menurunkan nada dasar yang biasa disebut dengan transpose.

Dalam tugas akhir ini telah dirancang sistem yang mampu merekam suara gitar dan mentranspose musik yang dimainkan sesuai nilai mol atau kres yang dimasukkan oleh pemain atau user. Oktaf nada gitar dapat diubah-ubah sesuai dengan keinginan user tanpa harus mengubah kunci dasar atau melodi yang dimainkan. Sistem yang dirancang memanfaatkan Fast Fourier Transform untuk mentransformasikan musik gitar yang terekam ke domain frekuensi setelah itu digeser nilai spektrumnya sehingga output dari sistem adalah musik yang telah dinaikkan dan diturunkan nada dasar atau oktafnya.

Sistem yang menggunakan metode FFT ini diperoleh performansi di atas 90% untuk akurasi sistem dalam mentranspose nada dan nilai rata-rata MOS 4,2 terhadap 10 responden yang berarti hasil sudah baik.Kata Kunci : Transpose, nada, frekuensi, output, musik, FFT, MOSABSTRACT: The tone is the sound of a uniform. Somone who plays a musical intrument usually relied from the basic tone to be played, for example, the basic tone C=do mean a person who plays a tone based on the octave C. But in its development, one can raise or lower the basic tone is commonly called the Transpose. In this final project will be designed a system that is able to record sound and transposing guitar music that is played according to the mol (b) or kres (#) are inserted by the guitar player. Octave guitar tone can be changed in accordance with the wishes of the user without having to change the basic key or melody he played.

System design to take function of Fast Fourier Transform to transform guitar music recorded to the frequncy domain after it is shifted so that output spectrum of the system is expected to music that has been raised and lowered.

Systems which using this FFT method obtained performance above 90% for the accuracy of the system in transposing the tone and the average value of 10 respondents MOS 4.2, which means the results are good.Keyword: Transpose, tone, frequency, output, music, FFT, MOS

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS SISTEM TRANSPOSE NADA MUSIK PADA GITAR SECARA REAL TIME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ESWOLD SIMBOLON
Perorangan
Rita Magdalena, Inung Wijayanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini