PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI DESAIN INTERIOR BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

ROSDIANAH ROSYID

Informasi Dasar

111070314
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknik pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis produk dan jasa desain interior. Saat pelanggan ingin membeli kebutuhan barang seperti furniture, meubel, dan sebagainya, maka pihak penyedia jasa akan memberikan contoh barang yang ditawarkan melalui majalah. Selain itu, desainer akan memodelkan desain barang dan peletakannya di dalam ruangan dengan menggunakan secarik kertas gambar atau software desain agar pelanggan dapat menentukan desain interior dan jenis barang yang diinginkan. Metode ini dirasa kurang efektif karena pemodelan dengan software atau kertas akan memakan waktu cukup lama, agak repot dalam menggambarnya, rentan terhadap kesalahan saat menggambar, dan pelanggan cukup susah membayangkan bentuk asli dari desain tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah teknologi baru yang dapat membantu pengusaha desain interior dalam proses pemodelan dan visualisasi desain yang lebih menarik dan efektif. Hal ini menjadi alas an penulis untuk membuat sebuah aplikasi pendukung berbasis Augmented Reality (AR).

Augmented Reality adalah suatu teknologi yang bertujuan untuk menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual. Teknologi ini berkembang sangat pesat sehingga memungkinkan untuk diaplikasikan di banyak bidang, seperti dunia entertainment, bisnis, pendidikan, dan sebagainya. Perkembangan ini didukung karena teknologi Augmented Reality mampu memberikan tampilan visual dalam bentuk objek 2D dan 3D yang menarik. Pembuatan aplikasi Augmented Reality untuk tugas akhir ini menggunakan media kertas sebagai penyimpan informasi dengan metode deteksi marker yang akan dibentuk dengan software FLARToolkit. Pertama-tama, rancangan desain aplikasi akan dibangun dengan software Adobe Flex Builder, kemudian dibuat desain data / informasi interior yang akan ditampilkan dengan software Autocad. Baru setelah itu dibutuhkan FLARToolkitPro yang akan menterjemahkan data berbasis flex tadi menjadi sebuah pola spesifik yang dapat diidentifikasi oleh aplikasi.

Hasil yang didapatkan adalah berupa aplikasi desain interior yang dapat menterjemahkan marker menjadi objek yang telah ditentukan. Selain itu diukur pula beberapa parameter yang menyangkut performansi aplikasi seperti jarak minimal – maksimal yang berbanding lurus dengan ukuran marker, kamera hanya dapat mendeteksi marker dengan kemiringan ≤ 60°. Untuk MOS aplikasi ini sendiri didapatkan nilai 4.0402 yang berarti aplikasi ini tergolong BAIK.Kata Kunci : AUGMENTED REALITU, ADOBE FLEX, FLARTOOLKIT, MARKERABSTRACT: Marketing technique is a very important thing in interior design product business. When customers want to buy some products like furnitures, meubles, and etc, the marketing team will show them the examples from brochure or magazine. After a deal, designer will make a model design about the customer goods and where to put it in customer’s room with a paper or some interior design software. This method feels not effective because modeling with paper or design software will need a lot of time, some technique of drawing, sensitive with error in drawing, and the customers quite hard to imagine the real condition of that design they made. That’s why we need a new technology which can help interior designers to make a model or visualization design easier and more interesting. This is the reason why the writer wanted to make an interior design application based on Augmented Reality technology.

Augmented Reality is a technology which is made to combine the real world and the virtual world. This technology grows very fast so it can be implemented in lots ofplane such as entertainment, business, education, and etc. The growth is very fast because this technology can support a very interesting visualization for 2D and3D objects. The making of this final project application uses paper as a media to save information called marker and marker detection will be set by FLARToolkit library. First, application design will be build by Adobe Flex Builder , after that is make the object of interior goods which is want to be shown by Google SketchUp. And the last is adding FLARToolkit library to connect Flex based script with a pattern (marker) which is made before.

The result is a form of interior design application that can translate marker to a specific object that have been determined before. After that also measured some parameters that concern about the performance of application such as the minimum – maximum distance which is directly proportional with marker size, the camera can only detects marker with slope ≤ 60°. For this application own MOS we got 4.0402 obtained which means that application is classified GOOD.Keyword: AUGMENTED REALITU, ADOBE FLEX, FLARTOOLKIT, MARKER

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI DESAIN INTERIOR BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ROSDIANAH ROSYID
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, FITRIA ANUGRAHAYU
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini