SISTEM PENGKONVERSI NADA LAGU DARI NOT BALOK MENJADI NADA PIANO

Andira Rizky Sulaeman

Informasi Dasar

111070308
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Semakin berkembangnya teknologi pengolahan citra dgital, banyak aplikasi pengolahan citra yang sangat bermanfaat untuk keperluan deteksi, konversi, sekuriti, dan lainnya. Sehingga banyak bidang yang menggunakan pengolahan citra sebagai teknologi dasar untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang berkaitan dalam bidang tersebut.

Dalam bidang musik, partitur merupakan suatu hal yang sangat penting. Partitur adalah alat bantu bagi seorang penyanyi atau musisi dalam bernyanyi atau memainkan alat musik. Partitur berisi susunan nada-nada yang harmonis yang disusun sedemikian rupa oleh pengarang. Oleh karena itu, untuk mendapatkan nada- nada yang harmonis, sangat dibutuhkan ketepatan dalam membaca not-not dalam partitur.

Pada tugas akhir ini, dikembangkan suatu aplikasi untuk mengkonversikan not balok pada suatu data gambar yang berasal dari partitur keluaran sebuah software musescore, menjadi nada. Sistem ini dibuat dengan tujuan untuk optimasi terhadap pembacaan not balok yang biasanya dilakukan secara manual.

Hasil yang diharapkan dari tugas ini adalah bagaimana sistem ini mampu mengkonversi not balok menjadi nada yang dengan menghasilkan performansi diatas 80 % .Kata Kunci : not balok, partitur, citra digital, scanning.ABSTRACT: The continued development of digital image processing technologies, many image processing applications are very useful for detection purposes, conversion, security, and others. So many fields that use image processing as a basic technology to help solve various problems related to the field.

In the field of music, the score is a very important thing. Scores are an invaluable tool for a singer or musician in singing or playing musical instruments. Arrangement of the score contains a harmonic tones are arranged in such a way by the author. Therefore, to obtain a harmonious tunes, much-needed accuracy in reading the notes in the score.

At this final project, developed an application to convert musical notes on an image data output from a software musescore to be a tone. The system is made with a view to optimization of reading musical notes that are usually done manually.

The expected outcome of this task is how the system is able to convert musical notes to produce a tone with performance above 80%.Keyword: musical notes, sheet music, digital images, scanning.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

SISTEM PENGKONVERSI NADA LAGU DARI NOT BALOK MENJADI NADA PIANO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andira Rizky Sulaeman
Perorangan
Achmad Rizal, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini